oleh

Pelatihan Pembuatan  Decaopage,  Cara Mahasiwa KKN UPGRIS Dorong Wirausaha

Semarang – Pelatihan pembuatan decaopage merupakan salah satu kegiatan progran Kewirausahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) keanggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di rumah ketua RW 03 Kelurahan Mijen, Kecamatan Mijen, Kabupaten Kota Semarang, minggu (10/2).

Pelatiahan ini dihadiri kurang lebih 20 anggota PPK yangg merupakan perwakilan dari lima RT yang ada di RW 03.

Progam yang bertajuk “Pelatiahan Pembuatan decaopage” ini bertujuan untuk menambah kreasi dalam menghias piring, gelas, atau tas. Seni mengghias ini menambah nilai etetika dalam produk yang sudah dihias.

Kegiatan  yang sangat hangat, karena anggota PPK dan mahasiswa KKN saling bersinergi untuk memperhatikan cara membuat hiasan decaopage.

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN UPGRIS, dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan decaopage ini kami bisa menularkan ilmu kepada ibu-ibu PPK lainnya. Produk ini juga menambah nilai jual dari produk yang sudah dibuat,” ujar  Alimah, salah satu anggota PKK.

Pelatihan ini berlangsung selama empat jam, dengan mekanisme pembukaan yang dibuka oleh ketua KKN UPGRIS 2020, kemudian penjelasan dan proses pembuatan decaopage, diakhiri dengan praktik pembuatan decaopage.

Cara pembuatan decaopage, sederhana, siapkan piring atau gelas bening, napkin, lem, gunting, varnish, cat dan kuas. Pertama gunting kertas napkin yang akan ditempelkan dipiring, gunting sesuai pola yang akan dibuat. Setelah digunting tempelkan dipiring bagian belakang dengan menggunakan lem, keringkan sampai lem menempel. Setelah itu jika ingin ditambahi kombinasi cat agar lebih memperindah tampilan piring. Setelah semua kering tambahkan varnish agar mengkilat dan tahan lama jika terkena air.  (RedG/Siska)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed