oleh

Akibat Rem Blong, Truk Kontainer Hantam Pohon di Turunan Silayur

Semarang – Turunan Silayur Ngaliyan, Kota Semarang kembali menelan korban. Kecelakaan kali ini menimpa sebuah truk kontainer bermuatan mebel, yang menghantam pohon trembesi di turunan Silayur, Jumat (21/5/2021) sekira pukul 16.00 WIB.

Truk yang berpelat nomor H 8022 HQ tersebut melaju dari arah Mijen ke arah Ngaliyan. Sopir Truk, Sobirin mengaku truk yang dikemudikan mengalami rem blong setiba di lokasi kejadian, yang mengakibatkan truk menghantam pohon.

“Rem truk tiba-tiba blong. Agar tak ada korban jiwa saya berinisiatif hantamkan truk ke pohon,” terang Sobirin.

Atas kejadian tersebut truk mengalami kerusakan parah di bagian kabin setelah menimpa pohon trembesi setinggi sekira 10 meter. Akibatnya, batang pohon menimpa tepat di tengah kabin.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, beruntung sopir truk selamat tak ada luka sedikitpun.

Dia mengaku, hanya sempat syok dan merasa beruntung karena sempat menyelamatkan diri. Saat pohon menimpa kabin truk itu, Sobirin sempat menghindar dengan menggeser tubuhnya agar dapat menyelamatkan diri.

“Detik-detik tertimpa pohon saya sempat menghindar dengan menggeser tubuh ke arah kanan lalu merunduk,” ujarnya.

Sobirin menjelaskan, truk sebelum menghantam pohon hampir menghantam pemotor yang sedang berteduh. Beruntungnya, pemotor lekas sadar dan menghindar saat dia mengklaksonnya. “Kalau pemotor tak sadar, dia sudah jadi korban,” jelasnya.

Proses Evakuasi Truk Menghantam Pohon Trembesi di Turunan Silayur, Ngaliyan, Kota Semarang (Foto: Istimewa)

Truk kontainer yang bermuatan mebel dari sebuah pabrik di Mijen yang tak jauh dari lokasi. Menurutnya, barang yang diangkut dalam truk kontainernya itu, hendak dikirim ke Pelabuhan Tanjung Emas.

“Ya nanti truk diderek karena sudah tak bisa jalan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari warga, Nanang mengaku, mendengar suara keras pohon tumbang dan ia langsung memeriksa, ternyata truk yang tertimpa pohon.

Baca Juga  Kobaran Besar, Penampungan dan Pemasakan Minyak Diduga Ilegal

“Awalnya saya kira truk parkir tertimpa pohon ternyata truk nabrak hingga pohon tumbang,” jelasnya.

Pohon yang menimpa truk kontainer itu, lanjut Nanang, adalah pohon trembesi yang sudah berusia sekitar 15 tahun dengan ketinggian pohon 10 meter.

“Ya di sini sering kecelakaan namun yang menabrak pohon sampai tumbang jarang baru kali ini,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, proses evakuasi pohon menimpa truk pada pukul 18.00 masih berlangsung. Proses evakuasi melibatkan SAR Polda Jateng, Relawan Semarang, Damkar Semarang dan pihak terkait lainnya.

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas sempat tersendat sebelum magrib. Dan arus lalu lintas lancar kembali pada pukul 18.00. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar