oleh

Youth Pemalang ‘Berguru’ Ke Ponggok, Klaten 

Klaten – Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten merupakan salah satu desa yang mampu menjadikan potensi desa menjadi destinasi wisata yang terkenal. Kepala Desa Ponggok Junaidhi Mulyono yang akrab disapa Bopo Juned merupakan salah satu tokoh sentral dalam memajukan desanya.

 

Melihat latar belakang tersebut, Pemuda Pengurus Pemalang mengadakan silaturahmi dan diskusi bareng bersama Kades Ponggok, di Umbul Besuki, Desa Ponggok, Rabu (19/5).

Menurut Bopo Djoened, tidak semua desa dapat dijadikan desa wisata, karena tidak setiap Desa memiliki potensi wisata.

“Tidak setiap desa bisa dijadikannya Desa wisata, karena tidak setiap Desa memiliki potensi wisata, kita perlu memetakan sedetail apapun potensi Desa ketika ingin benar-benar membangun Desa”, ujar Kades Junaedhi.

Selain itu Bopo Djoened juga menyampaikan bahwa pemerintah Desa harus mengakomodir pemuda dalam bergotong-royong membangun desa.

“Kalau tidak terjalin komunikasi antara Kepala Desa dengan pemudanya, berarti ada sesuatu yang salah. Seharusnya, pemuda Desa dijadikan aset terbaik Desa dalam menjalankan pembangunan Desa; khususnya dalam masa pandemi ini, dimana Desa dituntut untuk kreatif dalam memulihkan ekonomi warga,” tegas Bopo Djoened.

Menurut Bopo Djoened, sudah 2 tahun Desa Ponggok dikembangkan sebagai pilot project Eko wisata.

Dia sampaikan bahwa  kunci utama dalam membangun Desa, Kecamatan, atau Kabupaten terletak pada perencanaan. Di dalam perencanaan tersebut, tidak hanya pemetaan yang jelas, tetapi juga design, sosial, sosial-ekonomi yang sudah matang dibicarakan agar tepat sasaran dan menghasilkan manfaat terbesar bagi warganya.

Bopo Djoened sangat mengapresiasi youth pemalang atas inisiatif mereka dalam belajar lebih dalam mengenai pengembangan desa, menurutnya semangat belajar tersebut harus di tukarkan secara masif ke banyak pemuda demi menyokong pembangunan daerah.

Baca Juga  Prof. Hendrawan Bersama Youth Pemalang Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Hamu Fauzi selaku ketua bidang Kajian strategis dan politik di youth pemalang sangat berterimakasih terhadap keramah tamahan dan kebaikan dari Bopo Djoened dalam menerima rombongan  youth pemalang.

“Kami pemuda akan mendorong baik Desa-desa yang ada di Kabupaten Pemalang, dengan meningkatkan potensi Desa yang ada di kabupaten Pemalang. Salah satunya kami mendukung inisiatif penuh pak Kades Karang Brei kecamatan Bodeh yang akan mendirikan pemandian di desanya, tentunya kawan-kawan pemuda akan ikut membantu memetakan dan terlibat dalam perencanaan agar merawat sumber daya yang ada agar dapat berkelanjutan kedepannya “. Ujar Hamu menjelaskan ulang setelah diskusi dengan Bopo Djoened kades Ponggok.

Pemalang kedepannya akan lebih banyak belajar dan praktek di lapangan terkait masalah strategis yang sering di temui di daerah untuk membantu percepatan pembangunan di kabupaten pemalang. (RedG / *)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed