oleh

Sampah di Bantaran Sungai Janti, dapat Perhatian dari Mahasiswa KKN-PPM UGM

Klaten – Lima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (KKN-PPM UGM) tim unit Janti 2 membantu program sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten bidang persampahan, Rabu 27 Juli 2022.

Kelima Mahasiswa KKN-PPM UGM, Rizki Nurbaiti, Haifa’ Azhar Istiqomah, Bella Nadia Rasika, M.Farhan Ar-Rasyid dan Reffisyah Putra turut mengenalkan produk pengolahan sampah yang telah dibuat seperti pupuk kompos dan ecobrick.

“Kegiatan sosialisasi tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya sampah yang dihasilkan dari rumah tangga di sekitar Desa Janti, terutama rumah tangga yang mengolah industri pemancingan serta wisata.” jelas Rizki Nurbaiti ketika dihubungi via seluler, Selasa (2/8).

Berdasarkan data lapangan, di Desa Janti terdapat timbulan sampah yang menggunung di sekitar bantaran sungai. Kepala Desa Janti Tri Prakosa, mengatakan banyaknya timbulan sampah di bantaran sungai bukan berasal dari warga Janti sendiri, tetapi kebanyakan dari luar.

Melihat masalah tersebut, Rizki Nurbaiti, mengusulkan adanya pembersihan dan pengangkut sampah ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten, sepakat dengan usulan tersebut. Kegiatan pengangkutan limbah dapat dilakukan dengan syarat harus ada sosialisasi pemilahan serta pengolahan sampah kepada masyarakat sebagai usaha keberlanjutan agar limbah tidak tertumpuk kembali di bantaran sungai.

Menurut Rizki Nurbaiti atau yang sering disapa Kiki, “Sampah merupakan masalah yang sangat krusial di Desa Janti. Menurut survey yang telah dilakukan, pemilahan dan pengelolaan sampah di Desa Janti masih minim. Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat Janti terutama ibu PKK dapat berkreasi dengan mengolah dan memilah sampah di rumah.”

Baca Juga  PLN UP3 Klaten Pastikan Pasokan Listrik Selama Ramadhan dan Idul fitri Aman

Kegiatan Sosialisasi Pemilahan dan Pengolahan Sampah pada tanggal 27 Juli 2022 ini berlangsung dari jam 1 siang hingga jam 3 sore. Sosialisasi dilakukan di Pemancingan 57 Janti dan dihadiri oleh 3 narasumber dari bidang persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten. Kurang lebih sebanyak 40 ibu PKK hadir dalam kegiatan ini. Dari kegiatan ini, pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten juga menyepakati bersama PKK Desa Janti untuk merencanakan kegiatan “Pasar Sampah” dimana masyarakat Desa Janti dapat menjual sampah yang dihasilkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten. Kegiatan tersebut direncanakan akan diadakan bulan depan yaitu tanggal 27 Agustus 2022. Sementara itu, kegiatan pengangkutan limbah di sungai direncanakan akan dilakukan pada minggu kedua bulan Agustus.
Diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi banyaknya sampah di Desa Janti sehingga terwujud Desa Janti yang sehat dan sejahtera. (RedG/RN).

Komentar

Tinggalkan Komentar