oleh

Semangat Baru Karang Taruna Randudongkal

Pemalang – Revitalisasi dan regenerasi Karang Taruna sangat diperlukan, apalagi seperti Karang Taruna di Kabupaten Pemalang khususnya di Kecamatan Randudongkal, yang sebelumnya seperti mati suri

Setelah ada revitalisasi di tingkat Kabupaten Pemalang, karang taruna kembali memperoleh marwah semangatnya. Hal ini terbukti dengan disambutnya peremajaan di tiap-tiap tingkat kecamatan.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh karang taruna kecamatan Randudongkal yang menggelar acara temu karya. Kegiatan tersebut guna merevitalisasi kepengurusan karang taruna di tingkat kecamatan.

Acara yang berlangsung pada Jumat (8/10) siang bertempat di Pendopo Kecamatan Randudongkal dihadiri oleh Camat Randudongkal, Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara Karang Taruna Kabupaten, Danramil Randudongkal, Ketua Demisioner Karang Taruna Kecamatan, dan pengurus serta delegasi dari masing-masing 18 desa di kecamatan.

Dalam sambutannya, eks Ketua Karang Taruna Kecamatan Ali Fatihin menyadari kurangnya suplai dan program di tiap tingkat kepengurusan karang taruna, yang menjadikan salah satu faktor madegnya karang taruna di Kabupaten Pemalang pada saat itu.

“Saya mengakui kurangnya program serta arahan dari pihak terkait yang menjadikan karang taruna seperti kehilangan arah. Namun dengan adanya kegiatan (temu karya) ini semoga dapat memunculkan pemimpin yang dapat membawa karang taruna kecamatan menjadi lebih terarah dan tentunya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.”

Kegiatan temu karya tersebut mengusung tema “Sambut Bonus Demografi dengan Semangat Gerakan Sosial Pemuda”, tentu selaras dengan visi karang taruna Kabupaten dan pemerintah daerah.
Seperti yang disampaikan oleh Abdul Hakim, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pemalang, ia menyampaikan bahwa karang taruna harus siap menjawab tantangan zaman kedepan, dan harus menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat.

“Tantangan kedepan akan semakin sulit, terlebih setelah pandemi saat ini. Kita harus siap menjadi akselerator, dan menjadi solusi di tengah-tengah tantangan zaman ini.”

Baca Juga  Ini Latihan Menembak Di Masa Pandemi

Prosesi pemilihan ketua karang taruna kecamatan berlangsung dengan dibukanya acara oleh Camat Randudongkal Drs. Sis Muhammad Maghfur.

Dalam pemilihan tersebut dipimpin Presidium Sidang Hamu Fauzi, Fahmi Hakim dan Nurokhman. Yang setelah diberikan kesempatan kepada tiap-tiap delegasi, hanya menghasilkan 1 delegasi tunggal, yaitu Toni Sukistiarso dari desa Tanahbaya.

Setelah musyawarah, disepakati bersama dan disahkan oleh pimpinan sidang, Toni Sukistiarso resmi terpilih secara aklamasi menjadi ketua Karang Taruna Kecamatan Randudongkal 2021-2026.

Sidang ditutup dengan penyerahan jabatan dari Ali Fatihin Ketua Demisioner Karang Taruna Kecamatan kepada Toni Sukistiarso Ketua terpilih Karang Taruna Kecamatan Randudongkal.(RedG)

  • Penulis : Wildan Salami.
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed