oleh

Operasi Malam Tahun Baru Polres Bangka Barat Sesuai Maklumat Kapolri

Bangka Barat – Malam pergantian tahun 2020 ke tahun 2021, tampak menjadi perhatian serius jajaran kepolisian di seluruh daerah di Indonesia, terutama untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19. Karena itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dipastikan perayaan tahun baru kali ini akan diwarnai sejumlah aturan karena Indonesia masih menghadapi pandemi covid-19 yang dinilai masih sangat masif penyebarannya.

Pasalnya, seperti yang dilakukan Polres Bangka Barat mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 dengan mengambil kebijakan terkait perayaan malam pergantian tahun, Kegiatan tersebut sesuai Maklumat Kapolri untuk tidak melakukan beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat pergantian tahun, seperti pesta kembang api, panggung hiburan, dan lainnya yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan.

Hasilnya, menurut Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah SIK, Kabupaten Bangka Barat termasuk salah satu wilayah yang mentaati Maklumat Kapolri untuk melarang diadakannya apapun bentuk acara dalam menyambut pergantian tahun baru 2021, Jumat 31/12/2020.

Maklum saja, menjelang malam pergantian tahun itu Kapolres memerintahkan personil beserta jajarannya untuk tetap siaga mengamankan malam pergantian tahun baru serta melaksanakan patroli gabungan dengan menggandeng Instansi terkait seperti TNI, Dishub dan Senkom Bangka Barat.

Patroli yang digelar Polres Bangka Barat itu, selain untuk meninjau secara langsung aktifitas masyarakat menyambut malam pergantian tahun baru, juga untuk melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Selain patroli, Polres Bangka Barat juga menyiagakan personel di berbagai titik simpang jalan menuju tempat wisata. Upaya itu, untuk menghimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan dan memantau batas waktu aktifitas yang telah ditentukan.

“Kita harus bekerja sama agar negara bisa segera pulih dari pandemi Covid-19, dengan mentaati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apalagi untuk perayaan pergantian malam tahun baru sendiri, sudah ada larangannya yang diatur dalam Maklumat Kapolri. Jadi kami meminta kepada masyarakat Kabupaten bangka barat untuk bisa memaklumi dan mengerti terkait pelarangan tersebut” tutur Kapolres.

Baca Juga  Kapolres Bangka Barat, Himbau Stop Aksi Terorisme Dan Radikalisme

Patroli yang dilangsungkan hingga pukul 00.30 WIB dan imbauan kapolres agar tak ada malam perayaan pergantian tahun itu, rupanya ditaati masayarakat Bangka Barat. Hal itu, terpantau dari hasil patroli tersebut. Karena itu bisa dipastikan, situasi Kabupaten Bangka Barat secara umum dalam kondisi kondusif dan tidak ada yang melakukan perayaan. (RedG/Prima).

Komentar

Tinggalkan Komentar