oleh

Polri Amankan Dua Pelaku Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya

Jakarta – Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono mengungkapkan, pihaknya bersama Polisi Malaysia atau PDRM berhasil mengamankan dua warga negara Indonesia (WNI) pelaku pembuat parodi Lagu Indonesia Raya yang viral di jejaring sosial beberapa waktu lalu, yakni NJ (11) dan MDF (16).

Argo mengatakan, pelaku NJ diamankan di Sabah, Malaysia dan MDF di amankan di Cianjur, Jawa Barat. Kedu pelaku ini kata Argo, membangun pertemanan di dunia maya. Mereka pun sering berkomunikasi lewat dunia maya.

“Intinya antara NJ di Sabang, kemudian MDF di Cianjur ini adalah berteman dalam dunia maya. Dia sering komunikasi, marah-marah sering,” ungkap Argo dalam keterangan pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2021).

Menurut Argo, penangkapan MDF sendiri dilakukan oleh Tim Gabungan antara Polda Metro Jaya dengan Polda Jawa Barat yang berada di bawah koordinasi Direktorat Tindak Pidana Siber (Ditipidsiber) pada Kamis (31/12/2020) malam. Sementara NJ, telah di amankan oleh pihak Kepolisian Sabah, Malaysia.

“Untuk NJ masih ada di Kepolisian PDRM di Sabah, sedangkan untuk MDF sudah ada di Bareskrim Polri,” kata Argo.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu beredar video parodi Lagu Indonesia Raya yang diunggah oleh akun YouTobe My Asean dengan logo bendera Malaysia. Video tersebut pun kemudian viral di media sosial. Adapun pada video parodi tersebut, lirik lagu Indonesia Raya diubah menjadi kata-kata yang provokatif. Selain itu, Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia diganti menjadi ayam disertai dua anak kecil sedang buang air kecil.

Atas perbuatan ini, kedua tersangka pun dijerat dengan pasal 45 ayat 2 junto pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Baca Juga  Geser Jabatan Di Polres Pemalang

“Dan kemudian juga dikenakan pasal 64A junto pasal 70 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kembangsaan,” pungkas Argo. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed