oleh

Kepedulian Lazisma MAJT Atasi Korban Banjir

-Demak, Sosial-41 views

Demak – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung Jawa Tengah (Lazisma MAJT) menyerahkan bantuan sembako untuk tiga Desa terdampak Banjir di Kabupaten Demak.

Ketiga Desa tersebut yaitu, Desa Sumberejo, Desa Kembangan Kecamatan Bonang, dan Desa Ploso Kecamatan Karangtengah.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Lazisma MAJT, Dr. H. Wahab Zaenuri, MM bersama Wakil Ketua Abdul Jalil, Bendahara Sri Puah, koordinator pendistribusian Ahsan Fauzi dan beberapa pengurus  lainya serta dibantu para relawan dari Ikatan Mahasiswa Demak (IMADE) dari berbagai kampus di Kota Semarang.

Bantuan diterima oleh perwakilan perangkat Desa ketiga Desa tersebut di aula Desa Kembangan, Minggu (10/1) petang.

Ketua Lazisma MAJT, Wahab Zaenuri mengatakan bantuan yang diserahkan pihaknya merupakan zakat atau sedekah para dari Muzakki (Orang yang mengeluarkan zakat) baik berasal dari pengurus LAZISMA sendiri maupun dari masyarakat umum.

Menurut Wahab Zaenuri, dana yang terkumpul tersebut lalu dibelanjakan sembako dan didistribusikan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Demak.

“Selama sepekan lebih ini, pasca tragedi tanggul jebol atau banjir melanda Demak. Kami (LAZISMA) buka donasi. Kita masih terus membuka donasi untuk bantuan-bantuan berikutnya, silahkan masyarakat bisa ikut berbagi menitipkan sebagian hartanya lewat LAZISMA,” ucap Wahab disela bakti sosial pendistribusian sembako, Minggu (10-1-2021).
Dosen UIN Walisongo Semarang itu berharap bantu tersebut bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

Menurutnya, kedepan tidak hanya bantuan konsumtif saja, namun jika memungkinkan dan masyarakat menghendaki ada bantuan ekonomi produktif untuk masyarakat berupa bantuan permodalan (Modal usaha), pelatihan dan pembinaan.

“Kita bantu mereka, dengan harapan kedepan bisa berdaya dan maju serta kuat secara ekonomi dari yang awalnya mustahik (Penerima zakat) kedepan bisa menjadi muzakki,” harapnya

Baca Juga  5,6 Ton Beras Ringankan Warga Terdampak Covid-19

Sementara itu, Koordinator pendistribusian LAZISMA, Ahsan Fauzi menambahkan, sebelum menyerahkan bantuan ini, LAZISMA telah menerjukan tim untuk melakukan survei lapangan terlebih dahulu sehingga mengetahui betul kondisi lapangan dan mengetahui apa-apa yang dibutuhkan warga terdampak banjir sehingga bantuan bisa tepat sasaran dan tepat guna.

“Pada kesempatan kali ini, kami membawa beras 15 zak, mie 55 dus dan air mineral 30 dus. Memang tidak banyak yang kita bawa, mudah-mudahan sedikit yang kita serahkan ini bermanfaat dan berarti untuk mereka,” ucapnya

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan penerima, Masrokan, Kaur Kesra Desa Sumberejo mengaku sangat senang atas perhatian dan bantuan dari LAZISMA.

“Kami mewakili warga mengucapkan terimakasih atas bantuan dari LAZISMA Masjid Agung Jawa Tengah. Bantuan ini akan kami kelola dan distribusikan kepada warga secara adil dan merata, semoga benar-benar bermanfaat dan membawa berkah,” ungkapnya.

Masrokan menambahkan, setelah musibah banjir melanda di desanya tersebut areal sawah warga terendam sehingga tanaman mati semua dan terancam gagal panen. Selain itu, karena air juga masuk ke rumah-rumah, warga kesulitan memasak.

“Memang bantuan yang sangat kita harapkan bantuan makanan pokok (Sembako), semakin kesini, kita juga membutuhkan bantuan obat-obatan serta popok (Perlengkapan) balita,” tutupnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed