PEMALANG (g-news) – Bupati Pemalang H. Junaedi menghadiri rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) dan pengukuhan Tim Pengawasan orang asing ( Pora ) Kecamatan wilayah kabupaten Pemalang, Kamis (22/02).

Kegiatan dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang di hotel Regina Pemalang, dihadiri oleh bupati Pemalang H. Junaedi, Kakanwil Kemenkumham Jateng Drs. Ibnu Chouldun, SH.MM, Kapolres Pemalang AKBP. Agus Setyawan HP, SH.Sik, Kakan Imigrasi kelas II Pemalang Supartono, SH.MH, para ketua lapas di 7 wilayah kerja (Kabupaten Batang , Kabupaten/kota pekalongan , Kabupaten Pemalang , Kabupaten/kota Tegal dan kabupaten Brebes), Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf. Ahmad, Pasi Intel Kodim 0711/Pemalang Lettu Cpm Suwaryo, Kejari Pemalang Sugeng Abadi dan para Camat se kabupaten Pemalang.

Dalam sambutannya kepala kantor Imigrasi kelas II Pemalang Supartono, SH.MH menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama tentang penanganan orang asing di wilayah kecamatan yang selama ini kurang terpantau oleh imigrasi. Kantor Imigrasi Pemalang telah membentuk tim PORA di 7 wilayah kerja terdiri dari lima kabupaten dan dua kota namun demikian tetap di pandang perlu untuk membentuk PORA di tingkat kecamatan.

Dijelaskan bahwa kabupaten Pemalang terdapat 14 tim PORA di 14 kecamatan, yang dalam pelaksanaanya menjadi tanggungjawab kantor Imigrasi Pemalang. Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Drs. Ibnu chuldun SH.MM, menyebutkan dalam era globalisasi perlintasan orang asing masuk ke wilayah indonesia semakin meningkat , sehingga membawa dampak baik positif maupun negatif dan menjadi tanggung jawab kantor imigrasi dalam pelayanan publik dan pengawas menjadi prioritas utama.

Kebijakan pemerintah yang membebaskan visa menjadi tantangan kita, upaya sudah kita lakukan dengan membentuk tim pora di tingkat kecamatan.

“Kami yakin sinergitas untuk wilayah kabupaten Pemalang akan lebih transparan. Semoga tim pora kabupaten Pemalang kedepan semakin baik,” harap Ibnu Chouldun.

Ditempat sama, Pengukuhan Tim Pora 14 Kecamatan di kabupaten Pemalang dilaksanakan oleh bupati H Junaedi serta penandatanganan naskah dan penyerahan surat keputusan. Kepada Tim Pora bupati meminta untuk mengikuti dengan seksama sehingga paham terhadap isu krusial terkait pengawasan orang asing di tahun 2018. Selain itu posisi camat sangat strategis dalam memberikan informasi dan masukan terkait dengan aktivitas orang asing di wilayah masing masing.

Disampaikan bupati saat ini terdapat dua komunitas intelijen daerah di Kabupaten Pemalang. Ditekankan kepada tim pora yang telah dikukuhkan dapat bersinergi dengan Kominda sehingga pengawasan orang asing dapat benar-benar optimal di laksanakan. (nfp)

Tinggalkan Komentar