oleh

Wawasan Kebangsaan Sebagai Dasar Cinta Tanah Air, Wajib Tertanam Pada Jiwa Pelajar

Wonogiri – Bertempat di Lapangan Bola Desa Trukan Kecamatan. Pracimantoro telah berlangsung kegiatan Wasbang kepada Peserta Perpegak SMA N 1 Pracimantoro yang dihadiri 190 orang, Jumat (27/7).

 

Hadir dalam kegiatan antara lain Danramil 13/Pracimantoro Kpt Cba Budi Waluyo yang diwakili Pelda Suef dan Serka Komarudin, Kepala Sekolah SMA N 1 Pracimantoro, Drs. Nursahid, Guru pendamping Puspita Wijayanti, Guru pendamping Wahyu Widayat, Guru pendamping Eryanto, Guru pendamping Maria Rosmawati.

Adapun materi Wasbang yang disampaikan oleh Pelda Suef antara lain Puji Syukur kepada Tuhan YME atas karuniaNya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat tidak ada kekurangan suatu apapun.

“Kita sebagai generasi penerus harus bangga dan meneladani para pahlawan/pendahulu kita yang gagah berani melawan penjajah untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan,” ujarnya.

Dia menambahkan para pahlawan dan pendahulu kita telah mempraktekkan melakukan bela negara dalam perjuangan fisik dan non fisik (diplomasi) untuk memproklamirkan Indonesia dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

“Keberadaan suatu bangsa dalam bingkai negara pada dasarnya dilandasi oleh 3 (tiga) hal mendasar yaitu, Kesadaran, semangat dan tekad yang kuat dalam memahami Wawasan Kebangsaan, yaitu, cinta tanah air, setiap warga negara harus mencintai tanah air sebagai ruang hidup dalam menjalankan kehidupannya yang selalu mendapat ancaman baik dari dalam maupun luar negeri; antara lain diwujudkan menjaga lingkungan hidup, mengenal wilayah tanah air, dan mencintai produk dalam negeri agar tumbuh rasa Nasionalisme,” jelasnya.

Dia menuturkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Setiap warga negara dituntut mempunyai kesadaran atas tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat yang didukung pengetahuan, keterampilan, kompetensi serta pribadi manusia yang beriman, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan bersikap demokratis; antara lain diwujudkan dengan bersikap disiplin, bertanggung jawab, saling menghargai dan menghormati, menjaga kerukunan, berjiwa gotong royong, mendahulukan kewajiban daripada hak sebagai warga negara, serta mendahulukan kepentingan negara dan bangsa daripada kepentingan pribadi dan kelompok.

Baca Juga  Penguatan Karakter dan Disiplin Siswa SMKN 1 Bulukerto

“Yakin Pancasila sebagai ideologi negara. Setiap warga negara dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara mengacu dan berlandaskan ideologi Pancasila antara lain diwujudkan dengan bertaqwa kepada Tuhan YME, menjalankan kewajiban agama, mempunyai kesadaran membantu sesama, memelihara persatuan dan kesatuan, mengedepankan musyawarah untuk mufakat, serta mewujudkan keadilan sosial,” tegasnya. (RedG).

Komentar

Tinggalkan Komentar