oleh

Siswa SMA Negeri 1 Wonogiri Lolos di Jambore Nasional Generasi Hijau

Wonogiri – Elfreda Yodha Wardoyo siswa SMA Negeri 1 Wonogiri, berhasil lolos menjadi delegasi Provinsi Jawa Tengah dalam acara JAMBORE NASIONAL GENERASI HIJAU (JNGH) yang akan diselenggarakan di Bandung pada tanggal 31 Juli -4 Agustus 2023 nantinya.

Proses pendaftaran JNGH berlangsung dari tanggal 10 Februari sampai dengan 20 Maret 2023 dan pengumuman delegasi yang lolos disampaikan secara online pada tanggal 31 maret 2023 melalui laman instagram @greengnrid.

Elfreda menyebutkan bahwa pendaftar di kegiatan tersebut berjumlah 900 (sembilan ratus) siswa siswi, dan dirinya harus berlomba lomba untuk mendapatkan tiket pada Jambore Nasional Generasi Hijau mendatang.

“Di Bulan April 2023 ini saya dinyatakan lolos sebagai salah satu Delegasi Provinsi Jawa Tengah diantara 200 orang siswa/siswi terpilih dari seluruh Provinsi di Indonesia dari total seluruh 900 Calon Pendaftar dalam Kegiatan Jambore Nasional Generasi Hijau atau (JNGH) ke 9 yang diselenggarakan oleh Green Generation Indonesia, sebuah Organisasi Independen Non Profit dan Non Pemerintahan yang bekerja sama dengan Dispora, DLHK, dan Pemerintah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat,” jelas Elfreda, Sabtu (8/4/2023).

Untuk dapat lolos sebagai salah satu calon peserta jambore ini, dia harus melewati beberapa tahap seleksi. Seleksi Administrasi, seleksi prestasi, seleksi wawancara, dan pembuatan Video Kampanye yang bertemakan dengan Fenomena Food Waste atau Sampah Makanan yang menumpuk di Indonesia hingga menempatkan Indonesia pada urutan pertama se Asia Tenggara dan kedua sedunia setelah arab Saudi sebagai penghasil sampah makanan terbesar setiap tahunnya.

“Food Waste inipun juga menjadi salah satu focus tema Jambore Nasional Generasi Hijau tahun ini, setelah diselenggarakan secara meriah di tahun tahun sebelumnya, seperti di Balikpapan, Palembang, Bontang, dan beberapa kota besar lainnya,” paparnya.

Baca Juga  Sepekan TMMD Reguler 102 Berlangsung, MCK Milik Warga Telah Finishing

Pengumuman terkait kelulusan para delegasi Provinsi JNGH ke-9 ini diumumkan pada 31 Maret 2023 secara Online melalui kanal media sosial Green Generation Indonesia yaitu Instagram.

“Saya dinyatakan lolos sebagai delegasi Provinsi Jawa Tengah dan tidak sendirian, saya bersama dengan beberapa pelajar lain di Jawa Tengah seperti halnya Sukoharjo, Kudus, Semarang, dan Surakarta,” tutirnya.

Menurut Mochammad Zidane Nur Adha, Presiden JNGH, kegiatan ini bertujuan sebagai organisasi pemuda yang bergerak di bidang lingkungan dan fokus untuk menumbuhkan budaya peduli lingkungan kepada para generasi muda yang ada di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2015, Green Generation Indonesia menggelar acara Jambore Nasional Generasi Hijau (JNGH), yakni ajang pertemuan pelajar terbaik yang peduli terhadap lingkungan untuk membahas dan mencari solusi dalam memecahkan isu-isu lingkungan dari 38 Provinsi di Indonesia dan nantinya kembali ke daerah untuk menjadi pelopor lingkungan hidup daerah. Selain itu juga merupakan sebuah ajang dalam menumbuhkan citra Kerjasama, character building, leadership, teamwork, networking dan entrepreneurship dalam berdiskusi bersama bagi para pelajar terbaik di seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, akan dilakukan pula  Pemilihan Putra Putri Generasi Hijau dan Duta Generasi Hijau Indonesia, selain itu juga dilakukan  greenaction, company visit, school campaign dan banyak kegiatan bermanfaat lainnya.

“Saya sangat bangga dan bersyukur dapat menjadi Delegasi dan Bagian dari Para Pelajar terbaik di Seluruh Indonesia dalam berperan serta dalam memecahkan solusi dari masalah lingkungan dan perubahan iklim di Negara dan Dunia ini, mengingat proses seleksi yang saya lalui tak semudah membalikkan kedua telapak tangan, berkat restu orang tua, dan dukungan serta support dari teman teman seperjuangan saya yang telah membantu untuk mensukseskan diri saya dalam menjadi Agen Perubahan atau Agent Of Change dalam rangkaian acara ini,” harap siswa yang mempunyai akun IG @yodha_elfreda .

Baca Juga  Ratusan Siswa SMKN 2 Wonogiri Dilatih Karate Oleh TNI, Ini Tujuannya

Elfreda berharap mampu menjadi agen perubahan dan pelopor dari Perubahan Nasional ditengah masyarakat dan para pelajar di Indonesia, khususnya dalam mengatasi permasalahan terkait Sampah dan Lingkungan.

“Kedepannya tentunya harapan saya, ialah dapat menjadi Agen Perubahan dan Pelopor dari Perubahan Nasional ditengah masyarakat dan para pelajar di Indonesia, khususnya dalam mengatasi permasalahan terkait Sampah dan Lingkungan. Nantinya saya juga akan bergerak untuk mengimplementasikan segala Elaborasi dan Kolaborasi para Pemuda dalam kemajuan bangsa untuk mewujudkanm era Indonesia Emas di Tahun 2045,” tutupnya (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar