oleh

Soft Launching Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu di Kantor Bawaslu Wonogiri

Wonogiri – Bawaslu Kabupaten Wonogiri menggelar soft launching komunitas digital pengawasan partisipatif melalui aplikasi Jarimu Awasi Pemilu di kantor Bawaslu Wonogiri Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Selasa 14 Februari 2023 pagi.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Wonogiri, perwakilan KPU Wonogiri, perwakilan
Badan Kesbangpol Linmas Wonogiri,
Panwascam se Kabupaten Wonogiri dan tamu undangan lainnya.

Mewakili Ali Mahbub, Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Isnawanti Sholikah selaku Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Wonogiri mengatakan aplikasi Jarimu Awasi Pemilu adalah aplikasi komunitas digital pengawasan partisipatif, dibuat sebagai percepatan pertukaran informasi edukasi, literasi kepemiluan dan amanah perbawaslu pengawasan partisipatif.

“Aplikasi tersebut merupakan terobosan sekaligus inovasi yang mengikuti perkembangan zaman digital, hadir sebagai solusi dalam melakukan pertukaran edukasi informasi, literasi digital pengawasan pemilu dan respon cepat terhadap disinformasi isu-isu Pemilu serta tindak lanjut aduan konten disinformasi,” katanya.

Dikatakannya dalam komunitas digital tersebut sahabat Bawaslu dapat mengadukan konten di media sosial yang mengandung dugaan pelanggaran di menu pengaduan.

“Pengaduan ini menjadi informasi awal bagi Bawaslu dalam penanganan disinformasi, kampanye hitam, politisasi Sara dan ujaran kebencian dalam pemilu 2024,” jelasnya.

“Aduan tersebut akan ditujukan pada Bawaslu kabupaten/kota sesuai domisili sahabat Bawaslu sebagai pengadu,” lanjutnya.

Terkait kesiapsiagaan pengawasan Pemilu yang telah dilakukan Bawaslu Wonogiri, lanjut dia adalah perekrutan jajaran pengawas Pemilu di 25 kecamatan, pengawas desa di 294 desa, melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif, pembentukan Desa Mitra Bawaslu, MOU dengan perguruan tinggi dan kelompok masyarakat, penguatan kelembagaan di seluruh jajaran Bawaslu dan pengawasan tahapan yang sudah berjalan.

Sementara perwakilan KPU Wonogiri Pradika Harsanto menyambut baik peluncuran aplikasi Jarimu Awasi Pemilu.

Baca Juga  Masjid Agung Jawa Tengah Bakal Menggelar Shalat Idul Fitri, Berikut Syarat dan Ketentuannya

“Ini adalah terobosan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Wonogiri, semoga dengan adanya aplikasi tersebut kualitas pengawasan meningkat dan kualitas demokrasi meningkat,” tegasnya.(RedG/Aris Yulianto)

Komentar

Tinggalkan Komentar