oleh

Relawan Desa Lawan Covid-19 Diminta Kolaborasi dengan Satgas

Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, dirinya telah meminta para relawan desa lawan Covid-19 agar berkolaborasi dengan satuan tugas (satgas) di masing-masing daerahnya.

Hal ini untuk mempermudah pemetaan zonasi dalam penanganan Covid-19 dimasa pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Terkait dengan pemetaan zona, relawan desa lawan Covid-19 kemarin kami sudah minta untuk dikonsultasikan ke satgas di tingkat masing-masing daerah agar bisa nyambung,” ujarnya saat mengikuti rapat koordinasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka evaluasi perkembangan pelaksanaan PPKM skala mikro, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, Abdul Halim mengaku, bahwa ia juga telah menginstruksikan agar penggunaan dana desa 2021 digunakan sesuai dengan arahan Satgas dan Kepala Daerah. Sehingga pemanfaatan dana desa bisa sinergis dengan daerah masing-masing.

“Penyaluran dana desa sudah mulai masif dan sudah kita sampaikan juga kepada Bu Menteri Keuangan agar difokuskan ke 22 ribu desa di 7 provinsi ini untuk sementara. Di wilayah itu dan sampai hari ini sudah ada beberapa ribu yang sudah tersalurkan,” tuturnya.

Sementara itu, lanjut Gus Menteri, saat ini hampir semua desa di 123 kabupaten/kota di 7 provinsi Jawa-Bali sebagai daerah yang menerapkan PPKM juga sudah membuat posko serta menyediakan ruang isolasi.

Termasuk menyediakan tempat cuci tangan, serta telah melakukan pemetaan zona penyebaran Covid-19,” tandasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar