oleh

Mendes: Pembangunan Desa Harus Berbasis Kebutuhan Bukan Keinginan

Surabaya – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan, pembangunan desa harus berdasarkan kebutuhan bukan karena keinginan.

Menurutnya, berdasarkan dari fakta yang ada, hingga saat ini masih banyak program pembangunan, baik ditingkat desa maupun pemerintah daerah yang masih berbasis keinginan sekelompok orang.

“Ini satu masalah sendiri yang harus kita rombak untuk percepatan pembangunan di semua bidang,” tegasnya pada acara Webinar “Desaku yang  Kucinta Memanggil” yang digelar Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Jumat (19/2/2021).

Ilustras

Untuk itu, pria yang akrab disapa Gus Menteri ini mengaku, berangkat dari persoalan inilah ia merumuskan sistem pembangunan berkelanjutan yang disebut dengan SDGs Desa, sehingga tujuan dana desa tidak lagi asal digunakan tanpa memperhatikan kebutuhan warga desa.

Melalui SDGs Desa tersebut, kata dia, Kepala Desa cukup memilih salah satu dari 18 poin SDGs Desa yang akan dijadikan prioritas pembangunan selama kepemimpinannya berdasarkan kebutuhan warga desa.

Saat ini, lanjut Abdul Halim, pihaknya sedang melakukan pemutaakhiran data berbasis SDGs Desa yang dilakukan Kepala Desa dibantu para Pendamping Desa.

“Diharapkan semua program dapat mengacu pada data yang berbasis RT dan RW tersebut. Karena perencanaan yang bener itu harus mengacu pada data yang valid,” tandasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar