oleh

Peninjauan Lahan Penghasil Kelengkeng di Ngadirojo

Wonogiri- Budi daya tanaman buah bentuk usaha untuk memajukan daerah Kabupaten Wonogiri seiring dengan jargon “Sesarengan mBangun Wonogiri”, Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh meninjau lokasi tanam kelengkeng yang berada di Dusun Sepang RT 01/RW 02, Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Rabu (25/7).

Kendro yang kesehariannya sebagai PNS di RSUD Kabupaten Wonogiri, berpendirian untuk merubah tanaman selain Padi Jagung dan Kedelai (Pajale), ingin mencoba menanam kelengkeng dipekarangannya. “Awal menanam banyak warga yang bertanya kenapa dilahan seperti ini ditanam Kelengkeng , namun pendirian kami sudah mantab untuk mencoba menanam kelengkeng dan saya percaya tanaman buah tidak akan habis buahnya,” jelasnya.

Dilahan seluas 1,4 hektar tahun 2008 mulai ditanami kelengkeng sebanyak 240 pohon, dengan jenis ” Itoh “, disampaikan Kendro bahwa penanaman pohon kelengkeng dari awal menemui banyak kendala diantaranya tanaman kelengkengnya banyak yang akan mati namun dengan tekad yang dia miliki untuk mencari solusi sampai bertemu dengan Adi yang beralamat Desa Jaten Kecamatan Sidoharjo,sehingga sampai saat ini dalam pertanian yang dia lakukan khusus menggeluti tanaman buah kelengkeng dan sampai hari ini tanaman kelengkeng miliknya bisa diselamatkan dan sudah mulai bisa dirasakan hasilnya.

“Setiap pohon sewaktu panen bisa menghasilkan 1,5 kwintal tergantung banyak sedikitnya cabang pohon kelengkeng tersebut,” pungkas Kendro.

Pada kesempatan itu, Komandan Kodim 0728/Wonogiri M. Heri Amrulloh sempat mengunjungi tanaman kelengkeng tersebut dan ini yang disampaikan, “bahwa saya bertekad selama menjabat sebagai Komandam Kodim di Wonogiri ini, saya ingin menggali potensi yang ada diwilayah Kabupaten Wonogiri, untuk memajukan Kabupaten Wonogiri salah satunya dengan adanya penanaman pohon kelengkeng seperti ini,” tuturnya.

Baca Juga  Donor Darah di Kecamatan Puhpelem

Ikut mendampingi Dandim,  Sru Hardoyo Kabid Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri, Serda Murdiman Babinsa Kerjo Lor, Tumino Kasi Pemerintahan Kabupaten Wonogiri.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed