oleh

Kemendikbud Bakal Salurkan Kembali Bantuan Kuota Internet, Tapi…

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menyalurkan kembali bantuan kuota internet untuk kepentingan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Bantuan kuota ini rencananya mulai disalurkan pada Maret sampai Mei 2021.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menegaskan, bantuan kuota ini tidak untuk kepentingan diluar pendidikan, seperti main TikTok maupun untuk membuka media sosial seperti Instagram.

“Kuota Umum dapat digunakan mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir, yaitu aplikasi yang kebanyakan seperti game, medsos seperti, Facebok, TikTok, Instagram,” tegas Nadiem, seperti dikutip dari situs resmi Kemendikbud RI, Senin (1/3/2021).

Untuk diketahui, Kemendikbud telah mengumumkan kebijakan bantuan kuota internet 2021 akan disalurkan selama tiga bulan ke depan, mulai Maret sampai Mei 2021. Penyaluran bantuan kuota data ini akan dicairkan setiap tanggal 11-15 setiap bulannya.

Namun, subsidi kuota pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk kali ini, Kemendikbud menghilangkan pembagian Kuota Umum dan Kuota Belajar yang menjadi Kuota Umum saja. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan bantuan kuota internet tersebut.

Selain itu, volume GB pada subsidi kuota kali ini tidak sebesar seperti sebelumnya. Namun, Nadiem mengklaim penggunaannya bisa lebih fleksible.

“Karena sekarang Kuota Umum, YouTobe dan Zoom sudah termasuk dan bisa digunakan. Karena kami mendengar dari banyak guru dan murid bahw materi pembelajaran ada di YouTube juga. Ini jadi kabar gembira, walaupun volume GB tidak sebesar sebelumnya, tetapi penggunaannya jadi lebih fleksibel,” ungkapnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed