oleh

Jelang Ramadhan Masyarakat Gunungjaya Gelar Gerakan Sadran Resik

Pemalang- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat Gunungjaya Dukuh Lungkrah menggelar Gerakan Sadran Resik. Kegiatan ini, diprakarsai oleh Kadus V Desa Gunungjaya Kecamatan Belik, Jumat(9/4/2021).

Ramadhan sebentar lagi tiba, masyarakat mempersiapkan segala hal salah satunya Gerakan Sadran Resik yang diprakarsai Kadus V Desa Gunungjaya Kecamatan Belik. Kegiatan ini, rutin dijalankan setiap tahunnya menjelang ramadhan.

Menurut Kadus V Desa Gunungjaya Nurrohman, kegiatan Gerakan Sadran Resik ini dilaksanakan setahun sekali dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan. Adapun yang dilakukan antara lain bersih-bersih makam, kerigan atau gotong-royong membersihkan jalan dan lingkungan rumah warga.

“Sadran ini, kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, turun-temurun. Tetapi dengan perkembangan zaman, kegiatan sadran ini hampir punah,” ungkap Nurrohman.

Nurrohman menambahkan, dengan dilakukannya acara tersebut diharapkan memiliki rasa kekeluargaan dan kerukunan dalam masyarakat dapat semakin meningkat. “Karena itu masyarakat berharap agar acara Nyadran ini dapat terus dilestarikan,” pungkasnya. (RedG/Kaka).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed