oleh

Sempat Viral Sholat Maghrib Saat Amankan Gereja, ini Sosok Bripka Ferry Harming Dulas

Jambi – Bripka Ferry Harming Dulas, SH yang merupakan Anggota Unit Riksa Subdit Provost Polda Jambi ini, tidak pernah menyangka kegiatannya melaksanakan sholat Maghrib hanya beralaskan Koran disela tugas pengamanan Gereja pada saat hari Paskah itu bakalan menjadi Viral di media sosial, masyarakat bahkan di kalangan sesama anggota Polri.

Bripka Ferry yang diketahui merupakan salah satu di antara sekian banyak anggota Polri yang dikenal disipilin tinggi dan tegas itu, tenyata memiliki jiwa yang cukup religi.

Bripka Ferry Harming Dulas yang berhasil dijumpai awak media di sela jam dinasnya, Jumat, 09 April 2021 menuturkan, bahwa semua itu berawal saat dirinya menjalankan tugas kedinasan selama empat hari untuk pengamanan kegiatan hari paskah di gereja yang berada di bilangan Pasar Kota Jambi.

Ketika itu, lanjutnya, di mana pada saat dirinya bersama 19 orang anggota Kepolisian Daerah Jambi tengah berjaga di gereja tempat umat nasrani tengah melaksanakan ibadahnya, dan bertepatan saat itu juga waktunya ibadah sholat Maghrib untuk umat muslim telah tiba.

Sehingga, dirinya dengan spontanitas mengajak beberapa orang anggota Polri yang mana merupakan juniornya tersebut untuk melaksanakan ibadah sholat Maghrib.

“Tugas yang kami jalani ini merupakan tugas mulia, akan tetapi lebih mulia lagi kalau kami juga melaksanakan ibadah sholat Maghrib,” ujarnya.

Namun pada waktu itu, sambung Ferry, kondisi keterbatasan ruang dan gerak mengingat lokasi mesjid yang lumayan jauh dari lokasi tugasnya, sehingga dirinya berinisiatif untuk melaksanakan sholat secara berjamaah di sekitaran lokasi gereja tersebut.

Bripka Ferry saat sholat Maghrib berjamaah saat mengamankan ibadah paskah di gereja, bentuk toleransi umat beragama (Foto: Istimewa)

“Saat itu untuk mencari sajadah cukup sulit, sehingga saya bertanya kepada senior apakah di mobilnya ada koran untuk dijadikan alas untuk sholat dan Alhamdulillah ada. Untuk mengambil air wudhu sendiri kami numpang di air keran warga di depan gereja yang kebetulan umat muslim,” katanya.

Baca Juga  Tim Gabungan TNI- POLRI dan Pemkab Sarolangun Buktikan Tak Ada PETI Lagi

Usai melaksanakan sholat Maghrib, lanjut Ferry, dirinya yang masih belum menyadari bahwa kegiatan ibadah umat nasrani di gereja itu telah selesai. Pasalnya, dirinya masih khusuk melaksanakan doa selepas sholat.

Akan tetapi yang membuat dirinya bingung, ungkap Ferry, kenapa salah satu makmumnya berdiri dan berlari. Setelah dirinya memperhatikan situasi di belakangnya, Ferry baru menyadari bahwa umat nasrani yang telah menyelesaikan ibadatnya, telah berdiri untuk menyaksikan dirinya bersama anggota Polri lainnya melaksanakan ibadah sholat Maghrib dengan beralaskan koran.

“Para jemaat umat nasrani itu terhenyak dan memberikan apresiasi. Karena dengan situasi itu menurut mereka menunjukan betapa mulia toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” tuturnya.

Lebih jauh, tidak sampai disitu, Ferry pun tidak menyangka, ternyata dalam situasi tersebut ada yang mengambil gambar bahkan video dan memviralkan di media sosial.

“Saya mengetahui setelah sampai di rumah dan melihat-lihat Facebook, dan ternyata ada yang menandai saya atas foto kegiatan sholat Maghrib itu. Bahkan ada juga di akun media sosial instagram Info Anak Jambi dan lain sebagainya,” terangnya.

Dan, yang lebih membuat dirinya merasa tenang, komentar-komentar atas apa yang diperbuatnya itu tidak ada yang bermuatan negatif. “Semuanya positif, bahkan saya lihat yang membagikan pun merupakan umat nasrani dengan tagline yang positif,” ucapnya. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed