oleh

Batam Siap Laksanakan Pilkada

 

Batam – Batam siap melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember 2020. Hal ini dipastikan saat rapat evaluasi antara Pemko Batam bersama Forkopimda setempat di kantor Wali Kota Batam, Rabu (25/11/2020).

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, mengatakan dari paparan sejumlah instansi termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta TNI dan Polri, sudah sangat siap menyelenggarakan Pilkada sesuai tugas masing-masing.

“Untuk KPU tadi sudah memaparkan semua tahapan sudah dilaksanakan sesuai rencana. Bawaslu juga terus memantau pelaksanaan Pilkada serta personel keamanan siap membantu dan mengamankan Pilkada,” ujar Syamsul usai memimpin rapat Forkopimda tersebut.

Syamsul mengaku, rapat evaluasi tersebut serentak se-Indonesia atas arahan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam). Ia optimistis pelaksanaan Pilkada serentak ini dapat sesuai rencana dan berlangsung kondusif.

“Secara keseluruhan Batam sudah siap menyelenggarakan Pilkada 9 Desember nanti,” ujarnya.

Meski begitu, ada sejumlah laporan terkait 23 ribu pembuat KTP yang belum terdaftar sebagai pemilih. Ia juga berharap KPU aktif menjemput bola agar semua warga yang berhak memilih dapat ikut ke TPS. “Selain itu, ada kekurangan surat suara di wilayah Batamkota dan segera dilengkapi mumpung masih ada waktu sebelum 9 Desember,” katanya.

Selain itu, tugas semua pihak untuk mengajak masyarakat tidak ragu datang ke TPS. Ia berharap angka golput pada Pilkada nanti mampu ditekan. Ia menargetkan pemilih bisa mencapai 70-80 persen. “Terus kita sosialisasikan kepada masyarakat terkait Pilkada Sehat,” katanya.

Syamsul juga menegaskan protokol kesehatan di TPS sudah disosialisasikan secara keseluruhan ke petugas TPS dan masyarakat. Ia berharap dengan adanya protokol kesehatan itu, masyarakat tidak ragu menyalurkan hak suara mereka.

Baca Juga  Gedung Baru Puskesmas Tanjungsengkuang, Walkot Batam Minta Layanan Meningkat

“Kemarin sudah ada simulasinya, dan kita dorong masyarakat mengetahui ini. Saya tegaskan Pilkada Sehat dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di acara tersebut, Syamsul juga menyerahkan masker dan hand sanitizer kepada Forkopimda Kota Batam dalam upaya menyukseskan dan menciptakan Pilkada Sehat di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).(redG/Bayu).

 

Komentar

Tinggalkan Komentar