oleh

Wapres Salut dengan Upaya Risma Pekerjakan Pemulung di BUMN

Jakarta – Aksi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberdayakan pemulung mendapat pujian dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres pun berhara program ini bisa ditiru hingga ke daerah-daerah.

“Ternyata Bu Mensos ini nangkepin pemulung-pemulung itu untuk diberdayakan, dilatih diberikan berbagai penampungan, pekerjaan bahkan juga disiapkan perumahan. Ini saya kira salah satu program yang merupakan contoh. Karena itu saya ingin ini bisa direplikasi untuk di balai-balai sosial lain di seluruh Indonesia bahkan juga tentu di tempat lain oleh pemerintah daerah,” ujar Ma’ruf saat meresmikan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, seperti dikutip dari laman YouTube Kemensos, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, melalui program-program seperti ini, ia meyakini bisa menurunkan angka kemiskinan di Tanah Air. Sebab, kata dia, penanggulangan kemiskinan bukan hanya dengan memberikan bantuan sosial semata, melainkan juga harus ada pemberdayaan dan pelatihan.

“Penanggulangan kemiskinan bukan bansos saja tapi lebih utama adalah bagaimana memberdayakan mereka melalui upaya kreatif dan inovatif yang memang terukur. Artinya sesuai dengan kemampuan mereka dengan cara-cara yang konstruktif,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Wapres juga menghargai upaya Kemensos dan BUMN yang mempekerjakan mantan pemulung dan tunawisma. Ia meminta kepada BUMD dan perusahaan swasta agar bisa mengikuti langkah tersebut.

“Program penempatan kerja ini selayaknya dapat menjadi contoh dan diikuti oleh tidak hanya BUMN lainnya, juga BUMD tapi juga oleh perusahaan swasta. Sehingga lapangannya menjadi lebih banyak,” tandasnya.

Seperti diketahui, upaya Mensos Risma mempekerjakan para pemulung dan tunawisma di BUMN tersebut agar dapat membantu tambahan penghasilan ke mereka.

“Kita akan mempekerjakan 5 pemulung yang kita temukan di berbagai kawasan. Dia (pemulung) bisa bekerja dan saya sudah akseskan ke tempat kerja dan insya Allah mereka akan bekerja,” ujar eks Walikota Surabaya ini.

Baca Juga  KAHMI Minta Usut Kekerasan Aparat Polisi di Markas HMI MPO Cabang Jakarta

Sebagai informasi, berdasarkan data Kemensos, saat ini sudah sebanyak 61 orang pemulung dan telah dipekerjakan di perusahaan BUMN. Rinciannya adalah 5 orang dari Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi telah bekerja di PT PP Properti Grand Kamala Lagoon. Sementara 41 orang yang terdiri dari Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) ERBE, LKS Kumala, dan LKS Balarenik telah bekerja di PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Sementara itu, 9 orang dari LKS Bhakti Nurul Iman telah disalurkan ke PT Elang Mahkota Teknologi dan PT Otsindo Prima Raya. Kemudian 6 orang lainnya dari LKS Swara Peduli telah disalurkan ke PT Kamadjaja Logistics. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed