oleh

Wapres: Indonesia Pasar Potensial untuk Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres), KH. Ma’ruf Amin mengatakan, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Apalagi, kata Ma’ruf, dengan semakin tingginya kelas menengah muslim dan generasi milenial yang memiliki halal awareness (kesadaran pentingnya produk halal), maka peluang terbesar semakin besar.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan upaya-upaya yang lebih besar dan sistematik dalam memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah,” tulis Wapres, seperti dikutip dari akun twitter pribadinya, @Kiyai_MarufAmin, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya, sebagai bentuk kotimen pemerintah dalam memperkuat ekosistem syariah di Indonesia, ada beberapa langkah strategis yang telah dilakukan pemerintah. Diantaranya adalah membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

“KNEKS memikili fokus pengembangan 4 bidang. Pertama pengembangan industri produk halal, kedua pengembangan industri keuangan syariah, ketiga pengembangan dana sosial syariah, dan keempat pengembangan dan perluasan usaha syariah,” papar Ma’ruf.

Selain empat hal tersebut, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menambahkan, perlu juga dibangun pusat-pusat bisnis syariah (Syariah Business Center) yang didukung oleh infrastruktur digital sebagai sarana interaksi dan transaksi antar pelaku bisnis syariah. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed