oleh

Mengetuk Pintu Langit Bersama PWI

Pemalang – Mengetuk Pintu Langit  merupakan tajuk webinar yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ketua PWI Kabupaten Pemalang Ali Basarah salah satu peserta webinar mengatakan webinar digelar oleh pengurus pusat PWI dengan nara sumber Wakil Presiden RI ma’ruf Amin, Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Sabtu (24/7).

Ikhtiar lahiriah dan batiniah serta bermunajat kepada Tuhan  untuk bisa menghadapi pandemi Covid-19 yang ditekankan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

 

“Melalui munajat ini, kita ketuk pintu langit untuk memohon ‘inayah dan himayah-Nya, pertolongan dan perlindungan-Nya. Ínayah robbaniyah pertolongan Tuhan agar kita diberi kemampuan untuk menemukan cara yang tepat mengatasi pademi COVID-19 serta berbagai masalah yang kita hadapi. Dan himayah robbaniyah, perlindungan Allah SWT dari berbagai kesalahan dalam bertindak dan mengambil keputusan,” kata Ma’ruf.

Menurutnya peran media sangat krusial dalam menyampaikan kritik yang membangun terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah, sekaligus dalam melakukan cek fakta di lapangan atau hoaks maupun disinformasi yang ada.

Selain terus memegang teguh prinsip-prinsip dan kode etik jurnalistik, Ma’ruf menganggap jurnalisme juga perlu untuk terus berempati kepada tenaga kesehatan yang berjibaku di garda terdepan melawan Covid-19, penderita Covid-19 hingga aparat yang menegakkan penanganan Covid-19. Ma’ruf dalam kesempatan itu juga menyampaikan data mengenai vaksinasi yang sudah diikuti oleh wartawan baik tahan pertama maupun tahap kedua.

Ketua PWI Atal S. Depari mengatakan acara PWI bermunajat ini diselenggarakan karena pihaknya menyadari bahwa pandemi COVID-19 sudah menyebar luas ke hampir seluruh dunia. Karena itu Atal mengajak seluruh pekerja media untuk memanjatkan doa agar Tuhan segera mengangkat penyakit COVID-19 dari Indonesia.

Baca Juga  Pemkab Pemalang Siapkan Bonus 50 Juta Per Emas di Porprov Jateng di Pati Raya 2023 Nanti

“Kami memohon segera angkat penyakit covid-19 dari negara kami. Musnahkan virus corona dari bumi Indonesia, beri kekuatan kepada seluruh rakyat Indonesia, tenaga kesehatan, dan para pemimpin menemukan solusi terbaik dalam menangani menangani wabah ini,” ungkap Atal.

Atal menyadari, perang melawan covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua elemen bangsa, tidak bisa pemerintah semata, tenaga kesehatan, atau aparat penegak hukum saja namun semua komponen bangsa harus saling mendukung agar perang melawan COVID-19 bisa segera dimenangkan.

“Sekali lagi saya mengajak para wartawan agar bersama seluruh komponen bangsa bersama-sama melawan Covid-19. Mari kita terus memohon kepada Allah SWT agar pandemi segera berakhir dari bumi Nusantara,” tutur dia.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengungkapkan bahwa Covid-19 adalah persoalan yang kompleks dan menyangkut lintas sektor. “Ini bukan persoalan saya, tapi persoalan kita. Karena itu kami ingin betul kawan-kawan pers untuk terus memobilisasi sumber daya yang ada di masyarakat untuk bersama-sama menjahit menjadi bagian dari kita tadi. Yakinlah bahwa dengan kekitaan itu insyaallah bisa diselesaikan,” jelas Nuh.(RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar