oleh

Sukseskan Swasembada Pangan, TNI Bantu Petani dan Panen Padi

Wonogiri- Kehadiran anggota Koramil khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan oleh petani, pasalnya setiap kali di sawah petani selalu dibantu oleh anggota TNI AD.

Seperti yang dilakukan oleh Pelda Suwarno SE (Batuud) Koramil 10 /Wuryantoro bersama Babinsa Desa Mlopoharjo Serda Rukimin dan dua (2) rekan anggota Koramil 10/Wuryantoro Kodim 0728/Wng, membantu Panen Padi milik Bp Sadino di Dsn Mlopo Ds Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro, Rabu (11/7).

Peran anggota Koramil Khusus nya Babinsa tidak terkecuali Batuud, untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani panen perdana padi.

Kali ini adalah panen padi jenis “Sunggal” di area sawah Bpk Sadino dengan hasil ± 4 ton per hektar dengan luas sawah yang di penen mencapai 3 hektar , panen padi musim ini agak kurang dikarenakan air yang mulai sulit.

Pada kesempatan itu, Danramil 10/Wuryantoro Kpt Inf Kasmadai melalui Batuud Koramil 10 / Wuryantoro Pelda Suwarno mewakili Babinsa Desa Mlopoharjo Serda Rukimin mengatakan, sebagai aparat teritorial, tugas seorang Babinsa mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam khususnya. karena masyarakat sekarang makanan pokoknya berupa nasi beras.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, sebagai seorang Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dan diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

“Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegas Suwarno.

Baca Juga  Shalat Jum’at Akrabkan Satgas TMMD Dengan Warga Masyarakat

Sementara Sadino pemilik lahan mengatakan, sangat berterima kasih kepada anggota TNI Dari Koramil 10/Wuryantoro khususnya Babinsa, yang telah membantunya dalam pelaksanaan panen padi kali ini, diakuinya mulai dari penanaman selalu diberikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur.

”Saya sangat bangga dan memberi apresiasi yang seting-tingginya kepada Babinsa yang selalu mendampingi kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi, hingga hasilnya pun sangat memuaskan,” terangnya. (RedG-Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed