oleh

Menerapkan Nilai-nilai Pancasila, Desa Watukumpul Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Pemalang – Kampung Pancasila disematkan di Desa Watukumpul, Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Dimana Desa Watukumpul merupakan salah satu desa percontohan yang telah menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Pencanangan kampung Pancasila ini dilakukan oleh Komandan Koramil 12/Watukumpul Kodim 0711/Pemalang Kapten Arm Irwan Sofiatudin dan Kapolsek Iptu Edy mendampingi Camat Watukumpul  di Balai desa Watukumpul, Kamis (14/4/2022)

Menurut Kepala Desa Watukumpul Sidik Nugroho dicanangkannya kampung Pancasila di desanya karena selama ini masyarakat desa Watukumpul dalam berkehidupan bermasyarakat dan bernegara telah mencerminkan penerapan  nilai-nilai Pancasila dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Danramil 12/Watukumpul Kapten Arm Irwan Sofiatudin meminta seluruh yang hadir untuk mendukung  pencanangan kampung Pancasila di desa Watukumpul ini.

“Kegiatan kampung Pancasila ini baru pertama kali kita laksanakan di wilayah Kecamatan Watukumpul oleh karena itu mari bersama-sama kita sukseskan kegiatan ini. Sebagai warga negara Indonesia harus tahu dan hafal apa itu Pancasila karena sejak sekolah sudah diajari karena Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia”, katanya.

“Negara kita Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku ras dan agama oleh karena itu perlu adanya suatu wadah untuk mempersatukannya dan Pancasila adalah Dasar Negara yang tepat untuk menjadi wadah pemersatu bangsa”, Pungkas Kapten Irwan.

Pada kesempatan itu juga Camat Watukumpul Dedi Sarwo Aji, AP, MH. Menyampaikan desa Watukumpul ini dijadikan percontohan pencanangan kampung Pancasila dikarenakan letaknya di sentral pelayanan masyarakat dan pusat pemerintahan warga masyarakat kecamatan Watukumpul.

Menurut Camat, kunci dalam pengamalan Pancasila adalah peduli yaitu peduli terhadap sesama, peduli terhadap situasi, peduli terhadap perkembangan dan informasi yang ada sehingga tercipta kehidupan yang aman dan tentram.

Baca Juga  Dibuka Lowongan 13 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Kabupaten Pemalang

Setelah pelaksanaan pencanangan kampung Pancasila Danramil beserta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh Puskesmas Watukumpul.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kades Watukumpul Sidik Nugroho beserta perangkat, Anggota Koramil 12/Watukumpul, BPD Watukumpul, Tomas, Toga dan Toda desa Watukumpul dan TP. PKK Desa Watukumpul. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar