oleh

Ketua Komisi E DPRD Jateng Sambut Baik Rencana PTM di Sekolah Juli Mendatang

Semarang – Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng), Abdul Hamid menyambut baik rencana pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah maupun kampus pada tahun ajaran baru pada Juli 2021 mendatang.

Namun, ia meminta Pemerintah Pusat dan daerah agar mempersiapkan perangkat secara serius agar ada sinkronisasi kebijakan. Sebab, pembelajaran PTM ini mestinya sudah dimulai sejak Januari 2021 lalu. Namun, karena perangkat belum siap akhirnya harus diundur.

“Kalau Juli minimal pemerintah pusat harus menyiapkan detailnya, bagaimana di perguruan tinggi. Provinsi juga harus menyiapkan detailnya di SMA/SMK di kabupaten kota. Ini tanpa sinkronisasi  kebijakan pusat, provinsi, daerah enggak mungkin ini dilakukan, paling sepotong-potong,” kata Hamid kepada Gnews.id saat ditemui di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Sementara itu, Hamid juga menyarankan, agar pembelajaran tatap muka nanti harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga anak-anak aman secara kesehatan.

“Saya kira kalau dari DPRD, masuk lebih cepat dengan protokol tinggi lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Hamid juga menyarankan, agar dalam pembelajaran tatap muka nanti, sebaiknya diadakan dua tau tiga kali tatap muka dalam seminggu dengan sistem rolling serta ada pembatasan waktu dalam pembejaran.

“Walaupun durasi di sekolahnya lebih sedikit dua jam  tiga jam itu maksimal karena disitu menyerahkan tugas, menjelaskan tugas dari guru atau melaporkan dari hasil pekerjaannya itu lebih terkontrol dan tidak menjadi last learning atau last generation,” tandasnya.

Namun demikian, Hamid mengaku, pihaknya masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. Pasalnya, DPRD hanya sebagai tim evaluasi atau pengawas untuk program-program pemerintah.

“Kita sebagai tim evaluasi atau pengawasan kita hanya mempersiapkan diri. Apabila itu dilaksanakan dengan benar sesuai instruksi kementerian di bulan Juli, itu minimal perangkatnya Maret harus dipersiapkan. Selain hanya mempersiapkan kelas, siswanya juga harus dipersiapkan,” pungkas Hamid.

Baca Juga  Sah! Luhut Resmi Pimpin PB PASI 5 Tahun Kedepan

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim telah memastikan pembelajaran tatap muka di sekolah maupun kampus pada tahun ajaran baru akan dimulai pada Juli 2021 mendatang. Hal ini disampaikan Mendikbud pada diskusi daring pada, Rabu (3/3/2021) kemarin. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed