oleh

Arts as Sosial Action Solo Internasional Performance Arts

SOLO- Solo Internasional Performance Arts 2019 (SIPA) seni pertunjukkan masyarakat solo kembali hadir pada 5 s.d 7 September 2019 mendatang. Mengusung tema ” Arts as Sosial Action SIPA digelar di Benteng Vastenburg Solo Jawa Tengah pukul 19.00 -23.00 WIB. Tak sekedar menampilkan seni pertunjukkan mengenai isu sosial namun juga mengambil isu seputar lingkungan hidup. Tanggap terhadap isu global yang menghangat mengenai sampah plastik. Demikian sebagaimana isi press confrence terakhir dan final oleh panitia SIPA di Ramayana Resto Solo (03/09/2019) pagi.

Menurut Direktur SIPA 2019 Solo Internasional Performing Art bisa menjadi jembatan untuk persahabatan antar daerah bahkan negara.

”Sebagai soft diplomacy, seni diharapkan mampu memupuk tali sosial persabatan antar negara ” ungkapnya

Tak sebatas Sof diplomacy dan Panggung Pertunjukkan budaya, SIPA juga menjadi ruang elegan bagi pertemuan beragam seni pertunjukkan dari berbagai latar belakang budaya hingga.menembus dimensi batas wilayah bahkan menyentuh aspek ekonomi serta sosialnya.
Seperti penyelenggaraan tahun tahun sebelummya, SIPA 2019 akan menghadirkan beragam seni pertunjukkan yang megah dan mewah. Beragam seni berbentuk tari, musik, teater dan lain lain dengan delegasi domestik dan internasional.

Masih sama dengan penyelenggaraan SIPA sebelumnya yakni tetap menjadikan benteng vastenbrug sebagai latar belakang seni pertujukkan SIPA. Sesuai tema peduli lingkungan hidup, kali ini panggung akan dihias dengan daur ulang sampah dari plastik yang merupakan.hasil sampah plastik yang dikumpulkan dari seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota solo. Rencananya pada penutupan penyelenggaran SIPA tersebut semua kepala sekolah akan diundang.
Lima negara dipastikan turut menampilkan performance mereka yakni Taiwan, Korea Selatan, India, Jepang dan New Zealand. Sementara Penampil Indonesia berjumlah 14 orang yang berasal dari Riau, Palangkaraya, Bandung dan Medan.

Baca Juga  Sertifikat Tanah Beri Kepastian Hukum

Di hari pertama Gelaran SIPA juga akan di meriahkan oleh Korean Cultural Center (KCC) yang memamerkan kebudayaan Korean di booth dan food truck yang berisi makanan khas korea.

SIPA yang merupakan seni pertunjukkan yang berskala Internasional setiap bulan september digelar pertamakali di Pamedan Mangkunegaran tahun 2009 Atas prakarsa Ir Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai walikota solo.

Namun semenjak gelaran yang kelima yakni si tahun 2013 gelaran tersebut dipindah ke Benteng Vastenbrug yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan lokasinya yang strategis.(RedG/Yusuf C)

Komentar

Tinggalkan Komentar