oleh

Nabung Oksigen, Anak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Tanam Pohon Secara Masal

Solo – Momentum musibah kabut asap yang melanda negeri ini menggugah anak anak Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah untuk menanam pohon secara masal di lingkungan sekolahnya senin (23/09).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 400 siswa mulai dari kelas 3 hingga kelas 6. Media tanam yang digunakan adalah polybag dari bahan bekas yang mereka bawa dari rumah. Hari itu mereka akan menanam tanaman sayur berupa cabai dan tomat serta tanaman obat keluarga (toga).

” Ini adalah bentuk syukur kami kepada Alloh atas nikmat udara segar dengan cara merawatnya dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya. Sekaligus wujud keprihatinan kami atas musibah kabut asap yang terjadi saat ini. Bumi butuh dijaga dan dirawat.” Ungkap Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Sri Sayekti.

Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan program pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan.

” Bagian dari pendidikan karakter, jasmani serta lingkungan hidup. Dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan maka pesan edukasinya diharapkan lebih efektif diterima anak anak karena mereka diajak terlibat langsung untuk menanam pohon.” imbuh Sri Sayekti.

Dengan kegiatan ini. lanjut Sri Sayekti. Anak anak diharapkan tumbuh kesadaran untuk lebih mencintai lingkungan.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS ) anak terbangun. Anak anak nantinya jadi terbiasa untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang menyehatkan.

” Sekaligus menjadi upaya ketahanan pangan di sekolah kami dengan kantin sehatnya. Hasil dari tanaman itu nantinya dapat menjadi suplai bagi kebutuhan pangan kantin sekolah dalam menyediakan makanan sehat.” ungkapnya. (RedG/Yusuf C)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed