Pemalang – Sebanyak 1.200 lebih anggota gerakan pramuka penggalang dari 57 pangkalan SD/MI Kwartir Ranting Bantarbolang, mengikuti perkemahan lomba tingkat II penggalang SD/MI dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 di lapangan desa Pegiringan. Perkemahan berlangsung selama tiga hari dari Minggu (12/8) hingga Selasa (14/8).

 

Perkemahan dan lomba tingkat II pramuka penggalang SD/MI Kwartir Ranting Bantarbolang Tahun 2018, Minggu (13/8) resmi dibuka oleh ketua Kwartir ranting Bantarbolang, Ahmad Bahrudin, S.Pd. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Hadir dalam pembukaan tersebut Jajaran pengawas UPPK Bantarbolang, Pengurus gerakan pramuka Kwarran Bantarbolang, Ka Mabigus SD/MI se wilayah Bantarbolang dan kepala desa se kecamatan Bantarbolang.

Dalam sambutan pembukaan, KaKwarran Bantarbolang menyampaikan tema perkemahan “Pramuka Perekat NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Saya optimis dan percaya bahwa Perkemahan adalah metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak muda. Di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang akan menjadikan manusia memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.” kataAhmad Bahrudin, S.Pd.

Secara terpisah Kepala Desa Pegiringan, Duhari Daya menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Kwarran Bantarbolang atas terselenggaranya jambore di lapangan desa Pegiringan. Duhari Daya berharap jambore dapat berjalan lancar, Pemerintah Desa Pegiringan Insyaallah mendukung penuh, khususnya dalam hal keamanan. Linmas desa Pegiringan insyaalloh siap membantu pengamanan jalannya jambore, tuturnya.

Dalam kegiatan perkemahan tersebut juga digelar lomba tingkat II penggalang, dimana setiap pangkalan akan berlomba menjadi yang terbaik dengan berbagai materi, yang nantinya pangkalan terbaik akan mewakili Kwartir ranting Bantarbolang di gelaran LT di tingkat Kabupaten. (RedG kontributor  Etik Nurinto, S.Pd.)

Tinggalkan Komentar