oleh

TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI Menuju Masyarakat Sejahtera

Pemalang – “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” merupakan tema dari TNI Manunggal Membangun Desa reguler ke 113 TA 2022 Kodim 0711 Pemalang.

Acara pembukaan dilaksanakan di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu (11/5).

Dalam kesempatan itu, Bupati Pemalang mengungkapkan TMMD ini merupakan suatu program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah. Selainitu, TMMD juga bertujuan sebagai upaya dalam mempererat kemanunggalan TNI- Rakyat, dengan harapan kegiatan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Melalui TMMD ini, mari bersama kita
gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Mari kita bangun sarana prasarana dan fasilitas umum yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Tidak hanya itu, program TMMD ini juga sudah semestinya diarahkan untuk mendorong peningkatan derajat ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan serta memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.” papar bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo.

TMDD yang akan dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022, bertempat di Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, dengan sasaran fisik Pembangunan Jalan Baru sepanjang 1.670 x 3 m beserta fasilitas pelengkapnya yang nantinya akan menghubungkan Desa Pegiringan dengan Desa Mangli di Kecamatan Randudongkal.

Kegiatan yang dibiayai oleh dana dari pusat, provinsi dan kabupaten ini selain digunakan untuk pembangunan fisik juga akan dilalakukan kegiatan non fisik.

Sebagaimana disampaikan oleh Danrem Kolonel Inf Yudha Airlangga, SE., dukungan Korem terhadap pelaksanaan TMMD Reguler ke 113 TA 2022 Kodim 0711 Pemalang ini adanya dukungan pembiayaan dari pusat sebesar Rp. 340.300.000,- yang akan digunakan sebagai biaya operasional TMMD Reguler ini.

Sedangkan dukungan dari Provinsi melalui APBD provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 181.000.000 dan anggaran dari APBD Kabupaten Pemalang  Rp. 437.000.000. Anggaran dari APBD provinsi dan kabupaten yang difokuskan untuk biaya pembangunan fisik.

Ditambahkan oleh Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, bahwa kegiatan yang melibatkan masyarakat Pemalang khususnya Desa Pegiringan ini dilakukan pula kegiatan non fisik antara lain penyuluhan hukum, bela negara dan lain sebagainya. (RedG/Sarwo Edy)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar