oleh

UMP Resmi Launching S2 Pendidikan Agama Islam

Purwokerto-Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar kuliah umum sekaligus melaunching program magister Pendidikan Agama Islam di Aula AK Anshori, Senin (16/9).

Acara yang bertajuk mahasiswa UMP cerdas menghadapi perubahan dalam kerangka wawasan nusantara tersebut dihadiri  Rektor UMP Dr Anjar Nugroho MSI MHI, Dekan FAI UMP Dr Ibnu Hasan SAg Msi, dan mengundang pakar Pendidikan Agama Islam Wakil Rektor 1 UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Sutrisno MAg.

Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho MSI MHI mengatakan, mahasiswa FAI tidak hanya mendengarkan dari dosen-dosen sendiri tapi juga didatangkan langsung pakarnya, pakar Pendidikan Agama Islam. Supaya wawasan dan pikiran mahasiswa FAI menjadi lebih berwarna dan luas. “Sehingga dalam menyikapi sebuah informasi tidak menjadi pribadi yang kaget atau baper,” kata dia

Menurutnya, seperti dalam Alquran, semakin banyak membuka informasi, mencari informasi, semakin perlebar telinga dari mana saja, maka akan mendapatkan yang terbaik dan menemukan kebenaran yang sejati. “Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini sekaligus melaunching prodi S2 Pendidikan Agama Islam, ini sebuah perjuangan yang hebat dan sangat lama memang prosesnya,” katanya.

Sementara itu, Prof Dr Sutrisno MAg mengatakan mahasiswa harus mulai mengubah cara belajarnya. Menjadi cara belajar yang cerdas, hidup yang cerdas. “Apalagi, dalam menghadapi era saat ini, di mana semua sudah serba online. Sehingga, mengembangkan pendidikan  S1 dan S2 tidak cukup transfer value dan knowledge. Karena kehidupan yang kita hadapi sudah berubah,” ujarnya.

Ia mengatakan, pendidikan harus memanfaatkan potensi dan bakat yang dimiliki menyesuaikan dengan Era yang sedang dihadapi sekarang. Pendidikan Era sekarang kata dia, pengembangannya tidak cukup transfer namun harus mengembangkan pola pikir kritis logis dan inovatif. Sehingga menciptakan smart student sebagai tujuan pendidikan yang utama yang menjadikan Indonesia maju dan akan bisa melahirkan sosok seperti BJ Habibie dan lainnya.

Baca Juga  Tingkatkan Motorik Halus dengan Finger Printing

Pendidikan kata dia, harus menumbuh kembangkan pola pikir sunatuallah, kritis, untuk prodi maupun fakultas apa pun. Karena jika tidak seperti itu ajan tertinggal. “Jika UMP sudah menumbuh kembangkan pola pikir itu ini akan menjadikan UMP yang lebih modern dan tentunya unggul,” kata dia.(RedG/KH/Zaa/Tgr)

Komentar

Tinggalkan Komentar