Sungai Sragi Meluap, Tiga Desa Di Kecamatan Ulujami Terendam Banjir

Pemalang – Sungai Sragi meluap menyebabkan ribuanrumah di  tiga desa di Kecamatan Ulujam yaitu Desa Tasikrejo, Desa Samong, dan Desa Rowosari terdampak banjir dengan ketinggian 30-50 cm, Sabtu (19/1/2019).

Kabag Ops Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah, Kompol Alkaf Chaniago yang memimpin Satgas Bencana Polres Pemalang bersama Muspika langsung melakukan langkah-langkah untuk mengurangi dampak banjir tersebut.

“Di Desa Tasikrejo luapan air menggenangi sekitar 800 rumah yang dihuni sekitar 1500 jiwa dan sawah penduduk sekitar 80 hektar serta tambak seluas 20 hektar. Bangunan sekolah SMP dan 1 sekolah SD, 2 sekolah TK / Paud yang beberapa ruang kelas dan halaman sekolah terendam air,” jelas Kompol Alkaf.

Di dua desa lainnya, Desa Samong menggenangi 225 rumah dan sawah penduduk sekitar 92 hektar. Sedangkan di Desa Rowosari sebanyak 70 rumah.

“Meluapnya sungai banjir akibat debit air yang tinggi akibat hujan deras yang melanda beberapa hari terakhir. Saat ini warga masih bertahan di rumah masing-masing sambil menunggu air surut,” tambahnya.

Menurut Kompol alkaf, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Muspika, Satgas Bencana kecamatan Ulujami dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di posko Bencana Balai Desa Tasikrejo.

“Dari hasil korodinasi, kami memutuskan untuk membendung tanggul dengan karung yang diisi dengan tanah,” katanya.

Kapolsek Ulujami, AKP Harsono mengungkapkan 27 personel Polres dibantu dengan Satgas tingkat Kecamatan, Tagana Kabupaten Pemalang, mahasiswa KKN Undip dan BPBD bergerak bersama untuk menanggulangi akibat banjir tersebut.

“Sebanyak 65 personel bergerak bersama untuk mengambil tanah selanjutnya dibawa ke lokasi bencana untuk membendung tanggul,” jelasnya.

Menurut Kapolsek diperkirakan kerugian material mencapai 300 juta rupiah akibat sawah dan tambak penduduk terendam air.

“Tidak ada korban jiwa dan tidak ada yang mengungsi atau posko penampungan,” pungkasnya.(RedG Kontributor Humasrespml)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *