oleh

SMPN 2 Pemalang Berprestasi di Festival Literasi Nasional 2021

Pemalang – Festival Literasi Nasional (FLN) 2021 dalam program nyala kreasi, SMPN Negeri 2 Pemalang mengirimkan “Tari Tresnaning Widuri” dan mendogeng dalam judul “Asal Usul Pantai Widuri Pemalang”

Festival tingkat nasional yang diadakan setahun sekali, kali ini dilaksanakan secara daring. 

SMPN 2 Pemalang, dengan t ari yang dibawakan oleh Emanuella Gereat Dheacaliesa, Arba Tia Wigati, Kristiana Anggraeni, Tri Novika Arliani dan Aurelia Dhanandita Putri mengisahkan Nyai Widuri, legenda tokoh wanita di masyarakat pesisir Utara Jawa. Bercerita tentang pasangan istri dengan nama Kaki dan Nyai Pedaringan. Nyai Pedaringan merupakan sosok yang sangat cantik, anggun dan baik hati. Suatu hari rasa welas asihnya diuji oleh kehadiran sosok Pangeran.

Pangeran Papak jatuh cinta pada Nyai Pedaringan, sayang karena Nyai sudah bersuami dan rasa setianya pada suami, cinta Pangeran Papak bertepuk sebelah tangan. Sedih, rasa kecewa dengan hati yang terluka dituangkan dalam tarian ini. Karena cintanya yang sangat dalam bagaikan lautan, dia memilih pergi bertapa hingga ahir ajalnya.

Tarian dengan Koreografer dan pelatih Jati Sekar Pinilih, S.Pd, M.Pd dan Dadang Dwi Septiyan, S.Pd, M.Pd diunggah di akun resmi FLN 2021 gerakan Menulis Buku Indonesia https://youtu.be/u2U4egFCTDU .

Sedangkan karya dongeng dibawakan oleh Elok Cahya Dewi, dibawah bimbingan Etit Susongkowati, S.Pd.Ina. dengan judul “Asal Usul Pantai Widuri Pemalang” dapat dilihat dalam akun https://youtu.be/qi61vOeJrrs

Cerita dari dongeng ini sama seperti yang divisualisaikan dalam tari Tresnaning Widuri.

Penilaian Nyala Kreasi dihitung berdasarkan voting netizen, dengan sistematika penghitungan poin tiap sekolah dalam gelaran Nyala Kreatif 2021 yaitu jumlah like dari video yang dikrimkan mendapat 1 poin / like dan jumlah vote dalam form http://bit.ly/DukungSekolahIndonesiaBerkarya akan mendapat 2 poin / vote dalam form.

Diakhir Hasil Tari Tresnaning Widuri mendapat 1.687 penonton dan 526 orang suka. Sedangkan mendogeng dalam judul Asal Usul Pantai Widuri Pemalang mendapat viewer 5.300 dan 1. 400 like.

Dari hasil hasil juri dengan metode penghitungan nilai yang ditentukan, SMPN 2 Pemalang dalam mendogeng peringkat ke 4 dibawah SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa, MAN 2 Banyuwangi, Jawa Timur dan SMK Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah. Dengan kata lain, ditingkat Sekolah Menengah Pertama, SMPN 2 berada di peringkat atas.

Kepala Sekolah SMPN 2 Pemalang, Tri Doyo Basuki mengapresiasi capaian siswa dalam FLN 2021.

“Tentunya merasa senang dan bangga karena dapat mengangkat kearifan lokal Kabupaten Pemalang yaitu menceritakan Legenda Asal Usul Pantai Widuri di tingkat Nasional. Di samping itu juga Nyala Kreasi dalam FLN 2021 dalam rangka upaya menjaga kearifan lokal Indonesia.” jelas Basuki, Rabu (24/3).

Rasa syukur dan pengharapan disampaikan oleh anggota komite sekolah SMPN 2 Pemalang, Febri Djatmiko, agar kedepan lebih baik lagi prestasinya.

“Alhamdulillah, Selamat. Semoga kedepan lebih baik lagi prestasinya,” ungkap Febri. (RedG / SWE)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed