oleh

Perlunya Swasembada Antar Petani Guna Mencegah Kekeringan Lahan

Wonogiri – Bertempat di rumah warga bernama, Mustofa Aljufri di Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro. telah berlangsung kegiatan Komsos Babinsa Koramil Kismantoro Serma Hadi dengan warga petani Kecamatan Kismantoro, Minggu (23/6).

Hadir dalam kegiatan antara lain Koordinator PPL Kecamatan Kismantoro Subagyo, Ketua Paguyuban Gapoktan se Kecamatan Kismantoro Tukiran, Ketua Gapoktan dan Penyuluh Swadaya se Kecamatan Kismantoro dan Babinsa R 20/KSM Serma Hadi Santoso.

Sambutan koordinator PPL Kecamatan Kismantoro mengatakan wilayah pertanian Kecamatan Kismantoro yang terdampak kekeringan dan gagal panen cukup luas dan sudah di data untuk di laporkan ke Dispertan Wonogiri. Pihaknya kini mempersiapkan rencana kunjungan Dispertan Propinsi Jateng terkait persiapan pembangunan pasar lelang cabai Kecamatan Kismantoro.

Serma Hadi selaku Babinsa menyampaikan, dampak kekeringan menyebabkan produksi gabah menurun bahkan sebagian lahan terancam gagal panen.

Untuk menyikapi hal tersebut, menurutnya, petani harus merubah pola tanam dan mencari alternatif farietas lain selain padi yang lebih tahan cuaca kering untuk meminimalisir dampak dari kekeringan ini supaya petani ber swadaya membuat sumur pompa air baik secara individu ataupun kelompok. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar