oleh

Pentingnya Peran dan Fungsi Linmas, Kelurahan Pagutan Bersama TNI-Polri Adakan Pelatihan

Wonogiri-Dalam upaya peningkatan peran serta anggota Satuan Perlindungan Masyarakat ( Linmas ), Kelurahan Pagutan bekerjasama dengan Koramil 11/Manyaran dan Polsek Manyaran untuk memberikan pelatihan bagi anggota Linmas, Jum’at (28/2).

Adapun penyampaian materi dari Koramil 11/Manyaran adalah Sertu Sahid dengan memberikan materi dasar PBB serta pemberdayaan Linmas yang berkaitan dengan Kelurahan Tanggap Bencana, dan dari anggota Polsek Manyaran Aiptu Suwondo yang menyampaikan tentang gerakan lalu lintas.

Sertu Sahid menyampaikan, Keberadaan Linmas yang selama ini tidak mendapat perhatian, perlu kita angkat kembali dan difungsikan sesuai Permendagri No. 10 Th. 2009 Pada Pasal 1 Butir 1 disebutkan, Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan, ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara Kamtibmas dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dia mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk mewujudkan Anggota Linmas yang sigap dan cekatan dalam menghadapi suatu bencana. Disamping itu, dalam bidang keamanan Sertu Sahid berharap, Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Daerah, dengan Instansi terkait baik TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat , RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar