Pekerja Migran Indonesia  Dipantau Kesehatan Selepas Pulang dari Hongkong

Brebes -Tersiarnya kabar adanya warga Brebes byang baru pulang dari Hongkong, maka petugas kesehatan bidan desa dan Babinsa Jubang melaksanakan pemeriksaan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) . Pemeriksaan dilaksanakan di rumah orangtuanya di  Desa Jubang RT 05 RW 03 Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (17/03/2020).

Petugas Kesehatan Bidan Desa Jubang Widiawati, AMd.Keb, Kepala Desa Jubang Abdullah,S.Pd.i., MM dan Babinsa Jubang Sertu Heri Purwanto. berkunjung dalam rangka pemantauan dan pemeriksaan keadaan umum SM (33) anak dari Ahmad Abdul Mutolib yang baru datang sebagai PMI asal Hongkong sepulangnya Kamis (12/03) sebagai pembantu rumah tangga.

Riwayat perjalan pulang SM melalui bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta (12/03) dan telah dinyatakan lulus screening.

“Tujuan pemantauan dan pemeriksaan terhadap kedatangan warga Indonesia yang bekerja keluar negeri maupun kedatangan warga negara asing yaitu untuk mendeteksi secara dini dan cegah dini guna menghambat penyebaran Covid 19,” tutur Kepala Desa.

“Namun dalam hasil dari pemeriksaan suhu 36,5 Celcius, Tensi 110/70, keadaan umum yang bersangkutan dalam keadaan baik tidak tampak indikasi gejala yang mengarah pada pasien tertular Virus Corona (COVID 19),” papar Bidan Desa Jubang Widiawati.

Widiawati, AMd.Keb menambahkan bahwa tindakan yang dilakukan ini adalah untuk melakukan pemeriksaan, menghimbau terhadap yang bersangkutan kalau ada keluhan sakit seperti flu, batuk badan pusing dan lainnya agar segera memeriksakan kesehatannya ke petugas kesehatan, mengurangi aktifitas kegiatan keluar rumah dan memantau yang bersangkutan selama 14 hari kedatangannya.

Di akhir peninjauan dan pemeriksaan tersebut, SM selama 14 hari masih dalam pemantauan Dinas Kesehatan Puskesmas Bulakamba, Brebes. (RedG/Utsm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *