oleh

Mutasi Virus N439K Sudah Masuk Indonesia, Tak Mempan Antibodi

Jakarta – Tepat setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, mutasi virus N439K akhirnya dilaporkan telah masuk Indonesia. Setelah sebelumnya jvarian Covid-19 asal Inggris, yakni B117 juga sudah masuk Indonesia.

Jika Varian virus Corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris itu disebut lebih menular, dan masuk Indonesia, pada 2 Maret 2021. Maka mutasi virus corona N439K, menurut Guru Besar Universitas Indonesia Profesor Zubairi Djoerban, memiliki sifat tahan atau tak mempan terhadap antibodi.

Varian N439K, lanjut Zubairi, tahan baik terhadap antibodi dari tubuh orang yang telah terinfeksi, maupun antibodi yang telah disuntikan pada tubuh seseorang. “Telah terdeteksi 48 kasus mutasi N439K di Indonesia,” ujarnya.

Tweeter Prof Zubairi

Menurut Zubairi yang juga Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar IDI, Amerika Serikat telah mencoba untuk mengantisipasi N439K, dengan mengeluarkan emergency use authorization (EUA) untuk dua jenis obat antibodi monoklonal dalam pengobatan Covid-19. Namun, tambahnya, N439K ternyata tidak mempan diintervensi oleh obat tersebut.

“Dikatakan Gyorgy Snell, Direktur Senior Biologi Struktural di Vir Biotechnology California, N439K punya banyak cara mengubah domain imunodominan untuk menghindari kekebalan (tubuh manusia)—sekaligus mempertahankan kemampuannya untuk menginfeksi orang,” tulis Zubairi di akun Twitternya, @ProfesorZubairi, Sabtu (13/3/2021) 11.42 WIB.

Namun, Zubairi mengatakan, bahwa berdasarkan catatan epidemiolog, penyebaran N439K tidak secepat varian Covid-19 lainnya, yakni B117 yang penyebaran awalnya terdeteksi di Inggris. Dia pun berharap hal itu tetap berlaku ke depannya.

Kendati begitu, ahli ilmu penyakit dalam itu meminta masyarakat untuk tetap awas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai langkah antisipasi. “Pesan saya. Tetap jaga jarak, pakai masker dan hindari kerumunan, apalagi di dalam ruangan. Jangan bosan saling ingatkan. Pandemi belum usai,” tegas Zubairi. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar