oleh

Lebaran di Masa Pandemi, Pantai Marina Semarang Sepi Pengunjung

Semarang – Penerapan protokol kesehatan (Prokes) sebagai syarat dibukanya lokasi wisata di masa pandemi Covid-19, tampak dipatuhi pengelola dan pengunjung yang berwisata ke obyek wisata. Jadi suatu hal yang wajar jika keberadaan obyek wisata setelah 7 hari Lebaran Idulfitri 1442 H, sepi pengunjung.

Obyek wisata yang sepi pengunjung itu, salah satunya obyek wisata Pantai Marina Kota Semarang.

“Setelah lebaran berkurang pengunjung, enggak seperti Lebaran sebelum Pandemi. Apalagi sejak awal Pandemi, kami tutup selama 3 bulan. Perbandingan penurunan pengunjung sekitar 75 persen sebelum Pandemi,” kata Siti selaku Penanggung Jawab Pantai Marina kepada Gnews. Id, Sabtu (22/5/2021).

Penurunan pengunjung, ia mengaku biasanya mampu menjual tiket kepada sebanyak 40.000 pengunjung selama sepuluh hari.

Sedangkan setelah Lebaran, selama seminggu hanya mampu menjual 10.000 pengunjung saja.

“Tiket 10.000 pengunjung dari tanggal 7 sampai 17 Mei 2021. Biasanya, 40.000 selama sepuluh hari,” jelas Siti.

Saat ditanya terkait pengetatan di sektor wisata, Siti menjelaskan menggunakan sistem buka tutup di Pantai Marina.

Sistem buka tutup itu dengan cara satu jam ditutup dengan melihat kapasitas pengunjung yang di dalam untuk menghindari pelanggaran protokol kesehatan. Apabila pengunjung tidak ramai lalu pihak pengelola membuka kembali.

“Minggu kemarin melakukan sistem buka tutup. Sistemnya satu jam dibuka dan kira-kira di dalam sudah banyak kita tutup. Nanti satu jam lagi, buka lagi dengan mengitung yang keluar berapa,” ujarnya.

Pengunjung Pantai Marina Semarang turun 75% dibanding sebelum Pandemi Covid-19 (Foto: Dicky Tifani Badi/RedG)

“Di sini selalu mengikuti imbauan dari gubernur, walikota dan kapolda terkait protokol kesehatan. Jumlah pengunjung kami kurangi dan protokol kesehatan kami terapkan, ” imbuhnya.

Pantai Marina yang dibuka dari pukul 6 pagi sampai 17.30 WIB. Sementara perihal penerapan prokes, pihak pengelola selalu melakukan operasi protokol kesehatan kepada pengunjung.

Baca Juga  Satpolair Polres Bangka Barat, Lakukan Sambang Duka Ke Desa Belo Laut

Tidak hanya itu saja, pihak kepolisian juga ikut membantu pengelola pantai dalam penerapan protokol kesehatan.

“Selain Satpam kami pengelola juga melakukan patroli. Kami sendiri keliling terus dan Polsek Semarang Barat ada. Selama 1 minggu, Polsek Semarang Barat di sini terus. Kalau hari biasa Sabtu Minggu dan hari libur atau tanggal meerah, disini standbay dari jam 8 sampai 6 sore, ” pungkasnya.

Pengamatan Gnews. Id, penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan seperti di pintu masuk Pantai Marina pengunjung di cek suhu tubuh dan melakukan peneguran jika tidak memakai masker. Selain itu, pengunjung Pantai Marina sekitar pukul 17.20 tersebut tampak ramai dari pengguna motor maupun mobil. Sayangnya, pengunjung masih ada beberapa yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak jaga jarak maupun memakai masker.

Saat di lokasi, petugas keamanan Pantai Marina selalu rajin keliling maupun melalui pengeras suara untuk mengimbau memakai masker dan jaga jarak.

Sementara waktu menunjukkan pukul 18.00, petugas pengaman pun imbau pengunjung bahwa Pantai Marina sudah ditutup. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed