oleh

Kagama Jawa Tengah Sumbang Air Bersih 15 Truk Tangki ke Pemalang

Pemalang – Kecamatan Pulosari merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pemalang yang terletak dibagian selatan dibawah Gunung Slamet. Pada musim kemarau seperti ini, beberapa desa di kecamatan tersebut mengalami kelangkaan air bersih. Masyarakat Pulosari banyak yang mengandalkan air hujan dan beberapa mata air yang hanya ada di musim penghujan.

Seperti musim kemarau saat ini sebagian besar desa di Kecamatan Pulosari menangalami kesulitan air bersih, walaupun kalau di lihat lingkungan sekitar, tanaman masih terlihat hijau.

“Kurang lebih tiga bulan ini mengalami Kekeringan,” ungkap Kepala Desa Clekatakan Sutrisno.

Melihat kondisi seperti ini Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada tergerak untuk mengadakan bakti sosial Bantuan Air Bersih Bencana Alam Kekeringan Wilayah Jawa Tengah 2019 yang dipusatkan desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Sabtu (27/7).

Menurut Ketua Tim Bakti Sosial Kagama Jawa Tengah 2019 Putu Adhi Sutrisna menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan di sejumlah kabupaten yang mengalami bencana alam kekeringan 2019 antara lain di Kabupaten Pemalang.

Dalam kesempatan ini diserahkan 15 tangki air bersih ukuran 5.000 liter yang akan didistribusikan ke lima desa yang mengalami kesulitan air bersih di Kecamatan Pulosari.

Putu sadar bahwa sumbangan 15 tangki itu belum mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Pemalang yang membutuhkan, akan tetapi kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian kagama Jawa Tengah dalam ikut berperan meringankan beban masyarakat.

“Ya mungkin tidak banyak bantuan air bersih yang kami berikan dibandingkan kebutuhan masyarakat yang mengalami Kekeringan, tapi inilah kepedulian kami dari kagama Jawa Tengah untuk ikut berbagi kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat, ” terang Putu yang juga Koordinator Penguatan Organisasi di Kagama Jawa Tengah.

Baca Juga  Lazisnu Comal Serius Tangani Potensi Zakat

Kepala BPBD Kabupaten Pemalang Wismo atas nama pemerintah Kabupaten Pemalang berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kagama.

“Kami tidak melihat besar kecilnya sumbangan tetapi ini merupakan salah satu kepedulian kagama bagi masyarakat Pemalang,”  kata Wismo di lokasi pemberian bantuan air bersih.

Masyarakat sangat antusias menerima bantuan ini. Dengan rapi dan antri jerigen maupun tempat ait ditata sesuai urutan kedatangan. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar