oleh

Jemurtis Terobosan Terbaru Jemuran Anti Kehujanan 

Pemalang – Dewasa ini kondisi cuaca sangat tidak menentu dan sulit untuk ditebak akibat adanya pemanasan global, permasalahan cuaca yang berubah-ubah bisa merambah ke segala aktivitas yang dapat membuat waktu aktivitas menjadi terganggu. Hujan dengan tiba-tiba akan sangat menyebalkan ketika sedang menjemur pakaian dan posisi kita sedang tidak berada di rumah . Masalah ini sering terjadi dikalangan para mahasiswa ketika sedang ada kegiatan di luar kos atau sedang ada kelas di kampus, maka dengan terpaksa jemuran tersebut kehujanan dan menjadi basah kembali, padahal baju yang lembab dengan waktu yang lama akan mengakibatkan tumbuhnya jamur yang berkibat pakaian menjadi rusak, masalah ini bukan hanya dialami oleh mahasiswa saja, tetapi juga ibu rumah tangga ataupun jasa laundry yang proses pengeringannya masih memakai panas matahari.

 

Dari permasalahan tersebut mendorong tiga mahasiswa Teknik Elektro UNDIP ingin berinovasi membuat jemuran yang bisa meneduhkan pakaian dengan otomatis. Tim yang beranggotakan Anggito Bustan Firdausyah, Farhan Taufiqurrahman Ashegaf, dan Ahmad Didik Setiyadi menamakan ciptaannya tersebut dengan nama “JEMURTIS” sebagai inovasi untuk otomasisasi jemuran yang ada sekarang ini.

“Tujuan kemanfaatan JEMURTIS ini untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada para mahasiswa ketika sedang di kampus dan turun hujan, sedangkan mereka sedang menjemur pakaian di kos, tetapi saya pikir masalah ini bukan hanya dialami oleh para mahasiswa saja, tetapi semua masyarakat yang menjemur pakaiannya dengan sinar matahari pasti merasakan hal yang sama”, Tutur Anggito selaku ketua tim.

JEMURTIS ditenagai oleh Arduino sebagai otaknya dan dilengkapi 4 sensor yaitu sensor cahaya, hujan, suhu, dan kelembaban di dalamnya untuk mendeteksi kondisi cuaca sekitar, JEMURTIS juga dilengkapi pula dengan panel surya supaya hemat energi dan tidak perlu suplai daya listrik dari instansi. Prinsip kerja dari JEMURTIS ini akan menarik tali jemurannya dan meneduhkan pakaian secara otomatis ke bagian yang teduh apabila turun hujan ataupun saat menjelang malam hari ke bagian yang teduh dari JEMURTIS. Dengan begitu pakaian yang sedang dijemur akan aman dari hujan yang datang tiba-tiba dan waktu malam hari.(RedG kontributor tim KKN Undip)

Komentar

Tinggalkan Komentar