oleh

Hari Keempat Larangan Mudik, 4.062 Kendaraan Plat Luar Jateng Putar Balik

Semarang – Menjelang lima hari sebelum Lebaran (H-5), penyekatan gencar dilakukan untuk antisipasi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman. Hasilnya, sekitar 4.062 kendaraan berplat nomor luar Jawa Tengah (Jateng), terjaring dan disuruh putar balik.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah telah memutar balikan sebanyak 4.062 kendaraan itu pada hari keempat masa pelarangan mudik Lebaran 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Rudy Syafirudin kepada Gnews. Id, Minggu (9/5/2021).

Menurut Rudy, pengendara yang diputar balikan disebabkan karena pengendara tidak dapat menunjukkan atau tidak memiliki surat-surat yang telah ditetapkan oleh pemerintah ihwal larangan mudik Lebaran tahun ini.

“Sampai hari keempat larangan mudik 2021, Kami sudah melakukan pengecekan sebanyak 11.231 kendaraan.. 4.062 kendaraan di antaranya kami putar balik. Jumlah tersebut tersebar di 14 pos penyekatan di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Rudy mengatakan, masing-masing rest area yang sudah ditentukan oleh Polda Jawa Tengah untuk melakukan rapid tes antigen tersebut ada satu orang yang dinyatakan terkena paparan Covid-19.

Petugas gabungan melakukan penyekatan di jalur tikus, Darupono, Ngaliyan, Kota Semarang (Foto: Dicky Tifani Badi/RedG)

“Rapid antigen gratis drive thru di rest area dengan 2.316 orang hanya satu yang terkonfirmasi positif di kilometer 519 dan kami kembalikan,” katanya.

Terkait adanya satu orang terkonfrimasi positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah asal pemudik.

Rudy menjelaskan, jika kedapatan pengendara masuk Jawa Tengah yang memenuhi syarat perjalanan akan dilakukan pengecekan waktu dan tujuannya. Apabila melebihi batas waktu akan dilakukan karantina.

“Apabila ada orang datang pelat B akan kami cek surat perjalanan. Mau kemana dia, nginap di hotel mana dan berapa hari di sana,” tegasnya.

Baca Juga  Minggu Depan Panen Padi

Pemudik di tahun lalu dengan tahun ini, kata Rudy, angka pemudik tahun ini relatif lebih menurun.

“Tahun ini relatif menurun. Tahun lalu masih status imbauan, ” terangnya.¬†(RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed