Wonogiri – Bertempat di rumah dinas Bupati Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Halal Bihalal keluarga besar Perusahaan Daerah Kabupaten Wonogiri 1439 H/ 2018 M, Sabtu(7/7).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh , Kasat Binmas AKP Suwono, Ketua Panitia Penyelenggara Yomi Hendrolakstoro dan tamu undangan lainnya.

Laporan yang disampaikan oleh Yomi Hendrolakstoro antara lain sebagai maksud dan tujuan diadakannya Halal Bihalal untuk silaturahmi antar pegawai Paguyuban Perusahaan Daerah se Kabupaten Wonogiri.

“Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat Wonogiri kami juga turut memberikan bantuan CSR sebesar 30 juta untuk kesejahteraan masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Sambutan yang disampaikan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo menuturkan ada satu hal yang menarik saat setelah menjalankan ibadah puasa Romadhan ada satu budaya yaitu Halal Bihalal, dari Halal Bihalal ini pula manusia bisa bertemu dan bertatap muka untuk saling bermaafan. Acara tersebut pula bisa sebagai sarana berinstropeksi diri dengan bagaimana pemerintah daerah melayani masyarakat apakah sudah maksimal atau masih ada kekurangan.

“Keberadaan kita saat ini harus menyesuaikan dengan pelanggan regulasi-regulasi yang ada. Semangat jamannya sudah berubah, partisipasi masyarakat hari ini bukan hanya berpastisipasi secara physical tetapi melalui media sosial yang isinya hanya mengkritik dengan pemahaman-pemahaman pribadi tanpa esensi dan substsnsi yang bisa dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Bupati menambahkan Halal bihalal harus didasari dengan rasa kekekuargaan, tanpa itu dia yakin tidak bermakna apa-apa.

“Saya sebagai Bupati Wonogiri tidak mau ada jarak dengan masyarakat, akan tetapi yang terpenting adalah sikap dan perilaku kita pertanggung jawabkan bahwa kita semua entitas pemerintahan yang didalamnya ada satu tanggung jawab yang harus kita wujudkan, kita jaga sebagai komitmen kita. Pihak-pihak yang saat ini diberi kesempatan, diberi kepercayaan untuk memanajerial Kabupaten Wonogiri, semoga semangat sesarengan membangun Wonogiri ini akan menjadikan Wonogiri kedepan menjadi lebih baik,” terangnya.

Tausyah yang disampaikan oleh Brigadir Eko Yulianto menyampaikan Halal Bihalal merupakan kegiatan silaturahmi dan saling bermaafan. Saling memaafkan dan menyambung tali silaturrahmi merupakan bagian dari risalah Islam dan tidak terbatas saat Idul Fitri.

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh” (QS. Al-A’raf:199) dan siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan” (HR. Al-Bukhari dan Muslim), ” tegas Eko.(RedG Aris )

Tinggalkan Komentar