oleh

Forkompincam Bulukerto Gelar Pengajian Akbar

Wonogiri- Bertempat di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto telah dilaksanakan kegiatan Istghosah Akbar dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu se-Desa Geneng sekaligus memperingati malam 10 Muharram 1440 H, Penceramah Ustad Fatkurozi dari Pondok Pesantren Ponorogo, Rabu(19/9/18).

 

Hadir dalam kegiatan istghosah akbar antara lain Anggota DPRD Kab Wonogiri Tarso , Kepala Desa Geneng Tarno dan perangkat, Danramil 20/Bulukerto yang diwakilkan kepada Pelda Bambang Dan Kopka Mulyawan, Bripka Dodi, Kepala KUA, tokoh masyarakat, Ustadz Fatkurozi.

Camat Drs. Bahari mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pengajian istghosah akbar dan pemberian santunan yang diberikan kepada anak yatim piyatu semoga pemberian santunan dapat membatu untuk anak-anak yatim dan mendapat barokah. Mohon doa restu agar kegiatan pengajian ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Sambutan Kepala Desa Geneng Tarno mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Geneng yang sudah memberikan sumbangsih tenaga dan pikirannya sehingga kegiatan pengajian pada malam hari ini bisa terlaksana, ustad fatkurozi yang ceramahnya sangat bagus dan semoga memberikan barokah.

Ceramah yang disampaikan Ustad Fatkurozi Allah SWT berfirman, “Dan ujilah anak-anak yatim sampai mereka mencapai usia nikah. Apabila kalian menemukan kecerdasannya maka serahkanlah harta-harta itu kepada mereka.

“Dan janganlah kalian memakannya dengan berlebih-lebihan dan jangan pula kalian tergesa-gesa menyerahkannya sebelum mereka dewasa. Barangsiapa (dari kalangan wali anak yatim itu) berkecukupan, maka hendaklah dia menahan diri (dari memakan harta anak yatim) dan barangsiapa yang miskin maka dia boleh memakan dengan cara yang baik. Apabila kalian menyerahkan harta-harta mereka, maka hadirkanlah saksi-saksi. Dan cukuplah Allah sebagai pengawas.” (QS. An-Nisa: 6).

Ada beberapa keutamaan besar yang bisa didapat saat menyantuni anak yatim dan sudah dijelaskan secara lengkap lewat hadits dari Rasulullah SAW bersama dengan Rasulullah di surga, melunakkan hati jeras manusia, terpenuhi kebutuhan hidup, mempertebal iman dan taqwa, memperoleh perlindungan di hari kiamat, mendapat pahala setara dengan jihad, membawa berkah ke dalam rumah, perbaikan urusan akhirat dan dunia, menyucikan jiwa, sumber cinta Allah dan sesama, menanamkan sikap Istiqamah, menumbuhkan sifat murah hati, menunaikan hak sesama muslim, menunaikan hak kerabat dan keluarga, menjauhkan dari sikap kikir.

Baca Juga  Angin Puting Beliung Landa Giriwoyo, 12 Rumah Rusak, Polisi Bantu Evakuasi

Menyantuni anak yatim pada dasarnya adalah sebuah akhlaq yang sangat mulia di mata Allah SWT dan juga sesama manusia. Dengan melaksanakan akhlaq baik ini, maka kita akan menjadi manusia yang jauh lebih baik dan lebih bermanfaat untuk orang lain. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kekuatan agar bisa tetap beribadah pada-Nya dan selalu berada dalam bimbingan yang lurus untuk membawa kita pada kebahagiaan selama hidup di dunia dan kelak di akhirat. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar