oleh

Dukung Penerapan Kurikulum Merdeka, Mahasiswa KKN UNS Kenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Siswa SD

Pacitan – Guna mendukung program merdeka belajar Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  Universitas Sebelas Maret (KKN UNS) Kelompok 328 mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar di Desa Sugihwaras, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, dimulai Rabu 20 Juli 2022 akhir bulan lalu. .

Program yang dipilih mahasiswa KKN UNS ini di latarbelakang mulai diterapkannya Kurikulum Merdeka untuk jenjang sekolah dasar. Dengan sasaran  Sekolah Dasar yang ada di Desa Sugihwaras, yaitu, SD Sugihwaras 1 dan SD Sugihwaras 2.

Respon positif ditunjukkan oleh   kedua SD tersebut. Seperti dikemukakan oleh Kepala Sekolah SD Sugihwaras 1Nanik Yuliastuti yang mengapresiasi adanya pengenalan bahasa Inggris buat anak didiknya.

“Bantuan teman – teman mahasiswa yang merancang adanya kegiatan ayo mengenal bahasa inggris sangat membantu pihak sekolah. Hal ini dikarenakan penerapan kurikulum merdeka pada tingkat Sekolah Dasar dimana pelajaran Bahasa Inggris menjadi hal yang harus diajarkan, sementara tenaga pengajar bahasa inggris belum tersedia.” Jelas Nanik Yuliastuti, Kepala Sekolah SD Sugihwaras 1 melalui mahasiswa KKN UNS, Sabtu (6/8).

Hal senada juga disampaikan oleh pihak SD Sugihwaras 2 melalui Sutrisno, “Karena kurikulum Merdeka yang akan diterapkan, pembelajaran bahasa inggris menjadi salah satu pelajaran yang akan diajarkan. Adanya teman – teman KKN tentu sangat membantu pihak sekolah”.

Kegiatan Ayo Mengenal Bahasa Inggris dilaksanakan di SD Sugihwaras 1 dan SD Sugihwaras 2 setiap hari Rabu selama tiga minggu. Pembelajaran di SD Sugihwaras 1 dilakukan oleh Indina Salma Maharani, Annisa Sekar Kinasih, Irvi Yuliana, dan Herlang Romadlon. Proses pembelajarannya dengan membagi menjadi tiga kelas dari enam kelas yang tersedia. Sedangkan di SD Sugihwaras 2 kelas dibagi menjadi dua kelas dari enam kelas yang ada. Pembelajaran dilakukan oleh Juan Hendrik M. E. Ohee, Syafiq Naufal Fikri, Hanindyo Bramastomo, Akhmad Miftahusalam, dan Muhammad Fikry Ballady. Materi yang diajarkan merupakan pelajaran dasar seperti mengenal huruf, mengenal angka, hewan dan buah, warna, bulan, dan perkenalan diri.

Baca Juga  Kapolres Pemalang Dukung Pesta Siapa Kabupaten Pemalang

Diharapkan kegiatan ini dapat mengenalkan kosa kata bahasa inggris sederhana dan membantu dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Sugihwaras 1 dan SD Sugihwaras  2. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar