oleh

Dua Tokoh Masyarakat Bertemu, Bersinergi demi Wonogiri

Wonogiri – Kelapa kopyor, tampaknya jadi media pertemuan dua tokoh Wonogiri Suparno Parnaraya dengan Tekad Sukatmo. Saat tokoh masyarakat bertangan dingin Suparno memulai membudidayakan Kelapa Kopyor, pada Sabtu (27/2/2021), sahabatnya sesama pengusaha asal Wonogiri, Tekad Sukatmo dari Jakarta hadir untuk menyemangati upaya Suparno.

Seperti diketahui,Kelapa kopyor merupakan komoditas andalan yang bernilai ekonomi tinggi dan dicirikan oleh daging buah yang bertekstur gembur dan sebagian besar tidak melekat di tempurungnya.

Tokoh masyarakat bertangan dingin asal Kecamatan Sidoharjo Suparno mencoba membudidayakan tanaman tersebut di sejumlah lokasi di Kecamatan Sidoharjo.

Resto Kitagawa Pesona Bali di Lingkungan Patoman, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo menjadi salah satu lokasi penanaman bibit kelapa kopyor tersebut, pada Sabtu (27/2/2021).

Pada acara tersebut, juga dihadiri pengusaha sukses asal Kecamatan Wuryantoro, yang merantau di Jakarta Tekad, Wakil Ketua Umum Paguyuban Keluarga Wonogiri (PAKARI) Lesna Purnawan, Manager Kitagawa Pesona Bali Lukman Budi Prasetyo dan Ketua Cah Tukang Dolan (CTD) Imam Santoso.

Tekad yang merupakan sahabat Suparno khusus datang dari Jakarta, hanya untuk melihat kegiatan penanaman tersebut. Jalinan silaturahmi yang kuat, merupakan salah satu ciri kaum perantau asal Kabupaten Wonogiri.

Tekad Sukatno mengatakan, Suparno adalah sosok guru, mentor sekaligus sahabat baginya.

“Pak Parno kalau melakukan sesuatu pasti berpedoman pada tiga hal, yakni berorientasi merawat lingkungan, apapun usahanya ada nilai ekonomi yang memberikan sumbangsih nilai sosial dan bisa mendorong orang lain untuk selalu berkarya walaupun saat pandemi seperti ini. Kami tidak boleh berdiam diri apalagi ekonomi sedang seperti ini,” tutur Tekad.

Sebagai seorang pebisnis di bidang ekspor impor, Tekad ingin suatu saat muncul komoditas kelapa kopyor asli dari Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga  Terpeleset Ketika Memancing, Bocah 8 Tahun Tewas Tenggelam

“Hari ini Sabtu Wage, 27 Februari 2021 kita mulai menanam Kelapa Kopyor di Kitagawa Pesona Bali, Semoga akan muncul kelapa kopyor asli Kabupaten Wonogiri yang akan dinamai Kelapa Kopyor Kitagawa,” ulasnya.

Sementara Suparno sebagai sosok yang peduli dengan kelestarian alam lingkungan, tentu ingin membuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan warga masyarakat sekitar.

Sejumlah program peduli lingkungan pernah dia lakukan seperti pelepasan ribuan ekor burung ke habitat aslinya, kampanye penggunaan pupuk organik dan penggunaan listrik tenaga surya.

Dalam pertemuan itu, keduanya terlibat sebuah diskusi panjang terkait kiprah Suparno dalam menambah tujuan wisata di Kabupaten Wonogiri, serta menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Dua produk menemani pembicaraan keduanya yang santai, namun penuh isi tersebut yakni air minum Life On dan Bakso Ratu dengan tagline nikmatnya sampai ke ubun-ubun.

Dalam kesempatan tersebut, setelah bersantap siang di Resto Kitagawa Pesona Bali, Suparno mengajak Tekad Sukatno untuk mengunjungi Museum Sewu Rai, Istana Parnaraya, menyempatkan melaksanakan ibadah sholat dhuhur di Masjid Ar Rasyid Parnaraya di Dusun Kajang RT 01/ RW07, Desa Kebonagung, Kecamatan Sidoharjo. Serta mengunjungi area Bumi Suci di Desa Widoro, (RedG/Julianto Harrys)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed