oleh

Menu Baru Resto Kitagawa, Aneka Olahan Kelapa Muda

 

Wonogiri – Salah satu olahan buah kelapa muda adalah  es degan. Minuman ini banyak dijumpai di banyak lokasi baik desa maupun kota.

Harganya yang terjangkau bagi semua kalangan dengan rasa manis, gurih dan segarnya menyebabkan minuman ini banyak disukai segala lapisan masyarakat, selain nikmat ada banyak manfaat yang terkandung didalam kelapa muda.

Sejuta manfaat air kelapa seperti dikutip dari www.alodokter.com antara lain melawan radikal bebas, air kelapa bersifat antioksidan, sehingga mampu mengatasi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu untuk mengatasi sejumlah penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta gangguan pada ginjal. Mengurangi risiko gangguan jantung, air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung.

Resto Kitagawa Pesona Bali di Lingkungan Patoman, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, kini menyajikan olahan kelapa muda yang unik, segar, nikmat dan kaya manfaat.

Sebutir kelapa muda dimodifikasi menjadi kelapa muda jelly, menyajikan kelapa muda menjadi sesuatu hal yang unik dan menambah estetika serta selera.

Kulit kelapa muda diambil dan dimodifikasi hampir mirip dengan botol besar. Air kelapanya diolah lagi dengan menambahkan rumput laut dan jelly sehingga menjadi lebih menggairahkan, rasa manis dan gurihnya kelapa muda menjadi sensasi tersendiri.

Owner Resto Kitagawa Pesona Bali Suparno Parnaraya, Jumat (19/3) mengatakan bahwa olahan tersebut tanpa pengawet. Isinya benar benar air kelapa muda yang diambil dan dimasak kemudian dimasukkan kembali. Tutup kelapa yang tadi diambil digunakan kembali sebagai tutup, setelah itu baru  diwrapping dan diberi label untuk siap disajikan kepada konsumen.

Tak hanya degan jelly, juga tersedia kelapa muda segar, kopi degan dan degan rempah.

Baca Juga  Operasi Yustisi Serentak di 25 Kecamatan di Wonogiri, Bagi-bagi 6.750 Masker

Air kelapa muda direbus sampai suhu 90 derajat, kemudian dituangkan ke dalam kopi murni dari hasil grinder dengan metode V60. Perpaduannya menghasilkan rasa yang otentik dan pengalaman baru dalam menyeruput kopi.

Sensasi lain adalah es kopi susu degan, campuran air kelapa muda, susu kental manis dan kopi murni menghasilkan rasa yang mantap untuk menghilangkan dahaga di siang hari yang terik. Tambah nikmat jika es batu yang digunakan berasal dari air kelapa muda yang dibekukan, rasa kelapa muda masih terjaga.

Masa pandemi COVID-19, imun harus kuat, degan rempah bisa disajikan guna menambah energi, stamina dan imunitas.

Tak hanya di Resto Kitagawa Pesona Bali, aneka degan tersebut bisa dijumpai di Museum Sewurai dan Istana Parnaraya.

Bahkan dalam waktu dekat, tokoh masyarakat bertangan dingin tersebut akan membuat cafetaria khusus kelapa muda di sejumlah titik di Kota Sukses.

“Kami akan membuat omah degan, semua menu dari kelapa muda baik minuman dan aneka cemilan yang mengandung unsur kelapa seperti cenil, klepon. Disana juga akan ada virgin coconut oil,” tegasnya.

Tak hanya soal menjual produk kelapa, Suparno juga akan memberikan edukasi kepada petani kelapa lokal tentang cara menanam yang baik.(RedG/Aris Y)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed