oleh

Babel Menerima 6.430 Dosis Vaksin Sinovac Tahap Pertama

Bangka Belitung – Jatah vaksin untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sebanyak 6.430 dosis vaksin Sinovac, Selasa (5/1/2021) tiba di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang. Ribuan vaksin yang disimpan dalam empat kotak besar itu, diangkut kargo dengan menggunakan pesawat komersil.

Setibanya di bandara, vaksin-vaksin yang terkemas dengan rapi itu langsung dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekitar pukul 11.00 WIB, dengan pengawalan ketat dari TNI dan Polri. Vaksin-vaksin itu disimpan di gudang kantor dinas tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam yang juga Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, bahwa vaksin-vaksin tersebut merupakan vaksin tahap pertama yang didatangkan ke Babel. “Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penggunaan vaksin-vaksin ini untuk masyarakat,” kata Mikron saat dihubungi G-news.

Pelaksanaan penyuntikan pertama, lanjut Mikron, seperti diketahui dimulai oleh bapak presiden pada tanggal 13 Januari 2021. Selanjutnya pada tanggal 14 dan 15 Januari 2021 baru dilakukan di provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia, yang juga akan melibatkan kepala daerah , tokoh agama serta tokoh publik dalam penyuntikannya.

“Nah vaksin ini akan dikirim secara bertahap. Tahap awal 6.430 dosis, tahap kedua 4.000 dosis, dan tahap ketiga 12.000 dosis, sehingga jumlah total yang akan datang ke Babel sekitar 22.000 dosis. Vaksin-vaksin itu diperuntukan bagi petugas kesehatan di lapangan sebanyak 12.000 di seluruh Bangka Belitung,” tutur mikron.

Mengenai pendistribusiannya ke kabupaten-kabupaten dan kota, Mikron menambahkan, kami memang masih menunggu petunjuk dari Kementerian Kesehatan. “Untuk Kabupaten Belitung akan disuplai melalui bandara dengan menggunakan pesawat komersial,” tutup mikron. (RedG/Prima).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed