oleh

15 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tahap 3 Tiba di Indonesia

Jakarta – Pengiriman vaksin Covid-19 Sinovac tahap tiga telah tiba di Indonesia. Vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Jakarta sekitar pukul 12.57 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, vaksin Sinovac yang baru saja tiba di Tanah Air ini berjumlah 15 juta dosis.

“Tentunya kita harus bersyukur, karena untuk tahap yang ketiga ini pemerintah telah mendatangkan vaksin untuk menambah jumlah vaksin yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat,” kata Doni dalam keterangan pers di Bandara Soetta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Kendati demikian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengatakan, meski adanya vaksinasi, namun harus diimbangi dengan kepatuhan kepada protokol kesehatan. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, dilarang berkerumun dan mencuci tangan dengan sabun atau air mengalir.

“Dalam berbagai kesempatan bapak Presiden selalu mengingatkan para menteri dan khsususnya kepada Kepala Satgas Penanganan Covid-19 bahwa adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor. Inilah yang harus dipahami oleh kita semua, bangsa Indonesia, bahwa vaksin harus paralel dengan kedisiplinan, vaksin harus parallel dngan kepatuhan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Doni menambahkan, kepatuhan dan kedisiplinan ini tidak cukup hanya untuk diri sendiri, tetapi harus dikembangkan dan ditularkan kepada seluruh orang yang ada disekitar kita. Untuk itu, ia mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bisa meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan.

“Karena disinilah ujung tombak kita untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” tandasnya.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo (Foto: RedG/Ong)

Dalam kesempatan itu, Doni juga berharap seluruh daerah mempersiapkan diri dengan lebih baik, termasuk dengan posko-posko. Mulai dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota, sampai dengan tingkat desa dan kelurahan untuk bisa mengetahui perkembangan yang terjadi diseluruh daerah dan melakjukan langkah-langkah dan pencegahan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga  MUI Kota Semarang Dukung Vaksinasi Covid-19

“Kita berharap penanganan covid di tahan air semakin membaik, dengan kerjasama seluruh komponen, kolaborasi, gotongroyong menjadi kekuatan bangsa kita,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pengiriman pertama vaksin Sinovac dilakukan pada 6 Desember 2020 lalu dengan jumlah sebanyak 1,2 juta dosis. Kemudian pengiriman tapah keduanya pada 31 Desember 2021 berjumlah 1,8 juta dosis. Kini, dengan penambahan 15 juta dosis vaksin Sinovac di tahap ketiga ini, maka total jumlah vaksin Sinovac yang telah tiba di Indonesia berjumlah 18 juta dosis vaksin. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed