oleh

Rembug Dewi Dedi Dalam Percepatan Industri Pariwisata Pemalang

Pemalang – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Cabang Kabupaten Pemalang bekerjasama dengan Kementrian Kominfo RI mengadakan rembug desa wisata (Dewi) – Desa digital (Dedi) di salah satu hotel dipusat kota Pemalang, Sabtu (27/2).

Selain pelaku pariwisata di Kabupaten Pemalang, anggota GIPI juga hadir kepala bidang promosi dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang Arzy Rosanda dan perwakilan dari Kementerian Kominfo RI.

Dalam rembug pariwisata muncul ide digitalisasi desa wisata. Menurut Teguh Setya Yuwana, Ketua GIPI Kabupaten Pemalang mengatakan desa wisata berbasis digital merupakan Desa Wisata yang menggunakan teknologi informasi mulai dari input, proses dan output serta outcome dalam semua kegiatannya.

“Jadi bentuknya berbeda dengan Sistem Informasi Desa (SID) yang ada di desa saat ini” jelas Teguh, sabtu (27/2).

Tentunya dengan digitalisasi desa wisata, salah satu manfaatnya adalah dalam mengakses informasi, baik informasi keluar maupun kedalam yang terkait dengan desa wisata.

Lebih lanjut Teguh mengungkapkan, dengan adanya informasi yang diterima oleh calon konsumen, tentunya desa wisata akan melakukan pra melayani konsumen tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga disinggung mengenai tujuan pembangunan pariwisata, strategi pariwisata, kebijakan, dan sasaran pariwisata dan tentunya pembinaan bagi para pelaku dunia pariwisata.

Banyak aspek dan pemangku kepentingan yang harus bersama-sama dalam menunjang perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Pemalang, semua pemangku kepentingan yang ada harus bersinergi dengan semangat memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Pemalang.

Di kesempatan tersebut, Dadang dari kementrian Kominfo mengungkap perlu adanya suatu paket khusus bagi konsumen yang menginap di Kabupaten Pemalang. Bagi beberapa konsumen khusus perlu adanya harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pengunjung lokal, tetapi selisih harga ini di kompensasi dalam bentuk lain seperti mempersembahkan oleh-oleh khas Pemalang atau dalam paket wisata lainnya.

Dalam rembug kali ini, peserta sepakat dalam percepatan pembangunan industri pariwisata di Kabupaten Pemalang perlu sinergitas dari semua pemangku kepentingan kepariwisataan di Kabupaten Pemalang. (RedG / SWE).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed