Wonogiri – Bertempat dI alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri telah diselenggarakan acara malam grand final Duta Wisata Kabupaten Wonogiri tahun 2018, Minggu (5/8/18).

 

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh, Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede, Kajari Wonogiri Budi Dodi Kelana SH, Setda Wonogiri Suharno, Kasatpol PP Wonogiri Waluyo, dan segenap tamu undangan.

Laporan ketua penyelenggara dan selaku Ketua PKK Kabupaten Wonogiri yang disampaikan oleh Wakil Tim penggerak PKK Kabupaten Wonogiri Ny.Edi Santosa menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Wisata Kabupaten Wonogiri tahun 2018 merupakan program kerja pemerintah Kabupaten Wonogiri yang rutin di selenggarakan dalam setiap tahun. Kesepakatan bersama antara dinas kepemudaan dan olahraga dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri dengan tim penggerak PKK Kabupaten Wonogiri.

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya pendidikan dan pembinaan berkarakter kepada generasi muda Kabupaten Wonogiri dengan positif, sehingga para generasi muda memiliki jati diri yang bermartabat, mampu mengangkat citra positif serta dapat mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri,” ucapnya.

Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Wonogiri tahun ini diikuti sebanyak 79 peserta selanjutnya dilakukan seleksi administrasi tes tertulis dan wawancara pada tanggal 24 Juli 2018 untuk dipilih sebanyak 12 pasang terbaik selanjutnya kepada 12 pasang tidak bisa terpilih tersebut dengan waktu hanya 3 (tiga) hari diberikan pembekalan dan pemantapan sebelum mengikuti grand final yang diselenggarakan pada malam hari ini.

Kejuaraan akan diambil beberapa kategori meliputi juara 1, 2, dan 3 juara intelegensi, juara favorit, juara berbusana terbaik, juara persahabatan, dan kepada masing-masing juara akan diberikan trophy uang pembinaan dan sertifikat.

Selanjutnya kepada pasangan terbaik 1 akan mewakili Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk maju mengikuti kegiatan pemilihan Duta Wisata di tingkat provinsi Jawa Tengah yang direncanakan pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Kegiatan tersebut didukung anggaran melalui APBD Kabupaten Wonogiri tahun 2018 dan partisipasi dari beberapa sponsorship.

“Kami menyadari walaupun kegiatan ini sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan baik masih di jumpai berbagai kekurangan untuk itu atas nama penyelenggara dan seluruh panitia kami mohon maaf sebesar-besarnya,” jelasnya.

Sambutan Bupati Wonogiri yang di bacakan Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa menyampaikan tugas utama Duta Wisata dari tiap daerah adalah ikut mempromosikan daerah masing-masing sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki. Tentu yang terutama adalah yang berhubungan dengan kepariwisataan, namun demikian, setiap Duta Wisata juga perlu memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang daerahnya baik aspek ekonomi, sosial budaya, dan lain-lain, karena semuanya menunjang sektor pariwisata.

“Dalam konteks yang demikian, Duta Wisata bukan lagi sekedar memiliki paras yang rupawan, keelokan dalam penampilan dan berbusana Tetapi bagaimana mau dan mampu melebur dalam setiap aspek kehidupan di daerahnya untuk mencapai hasil pelaksanaan tugas yang ada di pundaknya,” katanya.

Dikatakannya, termasuk dengan Duta Wisata dari Kabupaten Wonogiri, sebagai daerah yang sangat beruntung karena memiliki karunia Anugerah alam yang sangat indah yang penuh potensi pariwisata. Kondisi alam yang terbentuk dari wilayah berupa pegunungan yang berhawa sejuk hingga pantai berpasir putih kawasan Kars dan ragam Budaya tradisional yang masih terpelihara baik.

“Kami mengapresiasi kegiatan pemilihan Duta Wisata Kabupaten Wonogiri dengan harapan mampu memiliki generasi muda Kabupaten Wonogiri yang memiliki jati diri bermartabat berkarakter dan mampu mengangkat Citra daerahnya di daerah lain melalui promosi wisata,” ujarnya.

Lebih luas lagi, mampu memperkenalkan Wonogiri dengan Segala potensi yang ada bukan hanya dalam hal pariwisata tetapi juga di bidang lain seperti seni budaya, kerajinan, pertanian, pendidikan, dan lain sebagainya.

“Mari kita maksimalkan potensi generasi muda di Kabupaten Wonogiri, dengan berbagai kegiatan positif bersama dikelola untuk Sesarengan Mbangun Wonogiri,” himbaunya.

Dan setelah melewati beberapa penilaian dari dewan juri, dan keluar sebagai Juara duta wisata Kabupaten Wonogiri tahun 2018 adalah Juara 1 putra Ichwan Wijiyanto dari Banyakprodo dan Juara 1 putri Nanditya Kusuma Ningrum dari Wonokarto Wonogiri. Juara 2 Putra Hanafi Adnan Fauzi dari Wonokarto Wonogiri dan Juara 2 Putri Revani Yola Haryanto dari Tirtomoyo Wonogiri Juara 3 putra Ahmad Fauzan Amin dari Girimarto Wonogiri dan Juara 3 Putri Maria Ratna Dewi dari Donoharjo Wonogiri

Untuk Juara favorit putra Erlangga Dangdung dari Slogohimo Wonogiri dan juara favorit putri adalah Nanditya Kusuma Ningrum dari Wonokerto Wonogiri, Juara intelegensi putra Wahyu Pamungkas Anom dari Pracimantoro Wonogiri dan juara intelegensi putri Monica Kinski Putri dari Giriwono Wonogiri.

Juara persahabatan Putra diraih Bagus Eka Setya Wonoharjo Wonogiri dan juara persahabatan putri diraih Hanaku Sukma Yoshita dari Girimarto Sedangkan juara busana terbaik putra diraih Afif Amar Abdurahman dari Slogohimo dan juara busana terbaik putri Bela Cintya Maharani dari Wuryantoro. (RedG)

Tinggalkan Komentar