oleh

Longsor di Desa Plakaran Moga, Pemalang tewaskan ibu dan anak, ini identitas para korban

PEMALANG, Hujan deras melanda wilayah Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Hujan deras ini berlangsung dari siang sekitar pukul 13.00 WIB, pada Minggu (26/06/2022), mengakibatkan tanah longsor yang menewaskan 2 orang warga.

Kepala Desa Plakaran melalui Sekretaris Desa Hemin dalam keterangannya mengatakan selain dua korban tewas, satu orang lainnya mengalami luka-luka.

“Dua korban yang meninggal adalah Wasilah (30) warga Desa Plakaran, Kecamatan Moga dan seorang balita Kifa (2) , sedangkan korban luka-luka bernama Jumaroh (55), sedang dirawat di RS Muhammadiyah Rodliyah Achid Moga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hemin juga menjelaskan ketiga korban tertimbun longsor selama 1 Jam.

“Akhirnya dievakuasi warga dan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Dua korban tidak sempat terselamatkan, dan satu korban masih dalam perawatan,” tambahnya.

Camat Moga, Umroni, menjelaskan sebelumnya kejadian wilayahnya diguyur hujan sejak pukul 13.00 WIB hingga sore tadi. Hingga akhirnya longsor terjadi pada sekitar pukul 14.00 WIB.

“Intensitas hujan di Moga sejak siang tadi masih tinggi. Mengakibatkan tanah tebing longsor dan menimpa sisi samping rumah bagian kamar, rumah milik Ibu Wasilah yang terletak di bawahnya. Ketiga korban terjebak di dalamnya,” kata Umroni.

Umroni menjelaskan desanya memang rawan longsor. Ditambah lagi permukiman di desanya terkiat dikitari tebing.

“Lokasinya memang zona rawan. Tadi saya perintahkan ke pihak desa untuk mewaspadai adanya longsor susulan. Rumah-rumah yang berada di lokasi longsor untuk segera dikosongkan dulu, karena intensitas hujan masih tinggi,” pungkas Umroni.

Hingga berita ini diturunkan, taksiran kerugian masih dalam pendataan, dan saat ini Pemdes Palakaran dan TRC-PB BPBD melakukan pengamanan lokasi longsoran dan menghentikan giat kerja bakti, dikarenakan hujan masih deras demi keamanan dan keselamatan bersama.(RedG/Tgh)

Komentar

Tinggalkan Komentar